• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Dodol, Camilan Khas Garut Yang Tak Lekang Oleh Waktu

24 April
20:16 2019
2 Votes (5)

KBRN, Garut : Jika berbicara tentang dodol pasti semua orang langsung teringat kota Garut, karena kota tersebut terkenal dengan ciri khas camilannya yaitu dodol Garut. Camilan yang terbuat dari tepung ketan, santan, gula dan bahkan kini dikoloborasikan dengan coklat dan lainnya, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya di Indonesia.

Banyaknya orang yang menyukai dodol Garut ini, menjadi salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat di Kab. Garut. Banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan berbisnis membuat atau berjualan dodol Garut ini.

Seperti salah satunya Leni (19) warga Limbangan Garut. Selulus SMA, Ia  langsung terjun meneruskan usaha yang dirintis kedua orangtuanya,  di pasar Limbangan Garut.

"Sudah sekitar 3 tahun berjualan. Ga terasa. Hasilnya pun cukup lumayan, kalau lagi rame Rp 300 ribu dapat, kalau sepi ya sekitar Rp100 ribu,” ungkapnya kepada Tim Ekspedisi Radio Republik Indonesia, Rabu (24/4/2019).

Iapun sudah tidak sabar lagi menunggu tibanya Ramadhan. Idul Fitri, merupakan hari yang ditunggu Idul Fitri membawa barokah dan rejeki. 

"Hari besar itu banyak orang yang pulang kampung, penghasilan Insya Alloh bertambah. Biasanya tiga kali lipat dari hari biasa, sekitar satu juta per harinya," ungkapnya sumringah.

Meskipun Leni sudah mendapatkan penghasilan dari berjualan dodol, namun  gadis manis ini bercerita ingin sekali meneruskan sekolahnya kejengjang yang lebih tinggi. 

Selain itu juga ia berharap kedepan, bisa mengembangkan usaha lebih besar lagi, bukan hanya warung dodol warisan dari kedua orang tuanya, namun juga dapat membuka sendiri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00