• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

DPRD : RUU PKS Penting Bagi Kalteng

24 April
18:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Sejumlah anggota DPRD Kalimantan Tengah menyatakan mendukung segera disahkannya Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Terlebih melihat fakta dan data yang terjadi di Kalteng dan wilayah lain dimana angka kekerasan terhadap perempuan dan anak terus meningkat. Tentu walupun harus dibarengi dengan upaya dan langkah lainnya, RUU PKS memang seyogyanya harus segera direspon dan disahkan.

Kepada RRI , salah satu petinggi Komisi C DPRD Kalteng, Duwel Rawing , Rabu (24/04/2019) mengatakan pengesahan RUU PKS tidak berada di ranah DPRD namun di wilayah DPR RI. Pihaknya belum mengetahui apa hambatan sehingga RUU PKS yang cukup penting dan mendesak ini belum disahkan. Secara kepentingan wilayah Kalteng sangat memerlukan RUU PKS ini disahkan sebagai payung hukum perlindungan perempuan dari kekerasan, intimidasi dan eksploitasi.

Di sisi lain, masyarakat semakin berani membuka diri sehingga semakin banyak kasus kekerasan dan KDRT pada perempuan makin terungkap. Di masa lalu, kasus ini memang disembunyikan karena banyak perempuan yang takut citra dan harga dirinya rusak di hadapan masyarakat. Walau demikian Duwel mengakui, mengatasi kekerasan pada perempuan, sebenarnya tak cukup hanya diatur dengan UU.

“perlu adanya langkah dan kajian terstruktur lainnya sehingga masyarakat memiliki pemahaman dan kesadaran untuk ikut menjaga kaum perempuan”, terangnya.

Lebih jauh, Duwel Rawing mengatakan, sebenarnya isu kekerasan terhadap perempuan sudah lama berhembus di Kalteng. Memang kekerasan terhadap perempuan merupakan masalah pelik dan kompleks dan berkaitan dengan bidang lain seperti sosial, psikologis dan agama. Ini perlu menjadi perhatian dan kepedulian bersama agar perempuan tak jadi objek kekerasan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00