• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Lantik Gubernur Maluku Periode 2019-2024 Murad Ismail

24 April
15:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno di Istana Negara pada Rabu (24/4/2019).

Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Masa Jabatan 2019-2024. 

"Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945, dan menjalankan segala UU dan Peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," Ujar Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Keduanya menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku setelah meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018.

Murad dan Barnabas pun sudah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta sekitar pukul 11.45 WIB. Murad mengaku dirinya bersama Barnabas sudah siap dilantik menjadi Gubernur dan Wagub Maluku terpilih.

"Ooh siap, kalau di Istana sini kan kita (saya) sudah sering masuk," ujar Murad sambil terus melangkah masuk ke dalam kawasan Istana Negara. 

Usai pelantikan, Murad mengatakan, bahwa dirinya bersama dengan Barnabas Orno akan membuka permasalahan yang ada di Maluku, mulai dari masalah investasi hingga ke masalah pertambangan. 

"Begitu dilantik, semua investor, masalah pertambangan, apapun kita harus bikin transparan. Sekarang kita moratorium dulu, semua investor yang ada di Maluku kita moratorium dulu. Kita lihat lagi kira-kira dia berguna ngga buat masyarakat sana, itu yang pertama. Yang kedua, berguna ngga dia buat provinsi, karena kalau dia ambil semua kita punya kekayaan alam, kita mau dapat apa." Ujar Murad. 

Murad pun menambahkan, tugas dari para kepala daerah yaitu untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakatnya.

"Tugas kepala daerah itu ada 2, yang pertama gimana dia bisa mengentaskan kemiskinan, yang kedua dia bisa mensejahterakan masyarakat. Tambah lagi dia bisa menjaga dan mmpertahankan Sumber Daya Alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

"Itu tujuan mulia kita, itu mimpi kami berdua agar gimana Maluku bisa sejajar dengan provinsi-provinsi lain." Tambah Murad.

Murad merupakan mantan Komandan Korps Brimob Polri bersama Barnabas keluar sebagai pemenang Pilgub Maluku 2018. Pasangan ini unggul dari pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun, dan pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath. (P)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00