• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menkopolhukam: Tuduhan Konspirasi Itu Tidak Benar

24 April
15:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Wiranto menegaskan bahwa tuduhan konspirasi yang kerap dilayangkan kepada pemerintah dan KPU maupun Bawaslu ada kabar tidak benar.

"Tuduhan konspirasi antara pemerintah, KPU, Bawaslu untuk melakukan kecurangan itu secara struktur, sistematis, masif, itu tidak benar. Tidak benar dan tidak pernah kita lakukan," tegasnya di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Ia menerangkan kembali beberapa alasan dimulai dari pemilihan komisioner KPU dan Bawaslu yang dipilih oleh DPR RI bukan Presiden. Kemudian, KPU dan Bawaslu tersebut posisinya bersifat mandiri tidak tergabung dalam struktur dan lembaga negara manapun dan memiliki struktur sendiri.

"Dengan demikian tidak di bawah kendali pemerintah, di sinikan ada isu bahwa KPU itu di bawah pemerintah," ucapnya.

Terakhir, ia menegaskan bahwa tidak pernah ada pikiran maupun kehendak dari pemerintah untuk melakukan intervensi terhadap kinerja KPU dan Bawaslu, apalagi sampai membangun konspirasi, kecurangan struktur, sistematis dan masif untuk memenangkan pasangan calon tertentu.

"Intervensi saja tidak pernah apalagi sampai membangun konspirasi secara struktur, sistematis dan masif di semua wilayah untuk memenangkan satu pasangan, tidak mungkin dan tidak bisa," tegasnya.

"Nah di sini saya sampaikan kepada saudara-saudara sekalian dari catatan saya, bahwa saya sebagai kordinator ya bidangnya bidang politik nasional ya pasti akan berperan aktif, paling tidak tahu kalau memang terjadi konspirasi," pungkas Purnawirawan TNI itu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00