• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Gelembungkan Suara, Ketua PPK di Banda Aceh: Itu Kesalahan Hitung

24 April
00:50 2019
1 Votes (5)

KBRN, Banda Aceh : Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, M. Irawan kepada awak media, Selasa (23/4/2019) mengklarifikasi soal adanya tudingan kepada PPK Kuta Alam yang melakukan penggelembungan surat suara sehingga merugikan sejumlah caleg dari dapil 2 Kuta Alam.

Sebelumnya, tudingan tersebut disampaikan oleh caleg dari dapil 2 Kuta Alam yang meminta KIP Kota Banda Aceh untuk menghentikan sementara rekap kecamatan.

Hal itu dikarenakan dari telaah data C1 DPRK ditemukan kejanggalan, yang menunjukkan adanya indikasi penggelembungan suara. Bahkan jika terbukti tudingan tersebut, para caleg yang dirugikan ini meminta untuk dilakukannya pemungutan suara ulang di sejumlah TPS di Kecamatan Kuta Alam.

Menurut M Irawan, PPK Kuta Alam tidak melakukan penggelembungan suara, sehingga tuduhan yang beredar di media tersebut tidak benar. 

"Itu hanya terjadi kesalahan penghitungan jumlah, Itu di sistem aplikasi jika terjadi kesalahan dalam penjumlahan suara maka tidak terbaca, sehingga itu secara otomatis diperbaiki," kata Irawan di Kantor Camat Kuta Alam Banda Aceh didampingi ketua Panwascam.

Dia menyebutkan, kesalahan data penjumlahan tersebut disebabkan karena faktor kelelahan. "Namanya juga manusia ada kesilapan, apalagi kita bekerja hingga larut malam, namun kami tetap bekerja sesuai dengan aturan. Kalau jumlah suara itu tidak ada yang kita rubah-rubah," ujarnya. 

Hingga saat ini, proses rekapitulasi surat suara baik itu Pilpres maupun Pileg masih terus berlangsung di 9 kecamatan di Kota Banda Aceh, termasuk di Kantor Camat Kuta Alam. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00