• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BKKBN Optimis Pendataan Keluarga Dapat Terintegrasi dengan Data Sensus Penduduk 2020

23 April
23:58 2019
1 Votes (5)

KBRN, Tanjungpandan : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) optimis bahwa Pendataan Keluarga yang dilakukannya selama ini dapat terintegrasi dengan pendataan pada Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 mendatang. 

Optimisme tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, H. Nofrijal, SP, MA saat membuka acara Temu Kerja Regional III Kampung KB Percontohan Tingkat Kabupaten/Kota dan Pengelola Data dan Informasi Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2019 di salah satu hotel berbintang di Tanjungpandan, Belitung, Selasa (23/4/2019) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Abdul Fatah dan Bupati Belitung H. Sahani Saleh, serta para Perwakilan BKKBN Regional III dari 12 provinsi se-Indonesia. 

Menurut Novrijal, sinkronisasi data kependudukan ini sangat menguntungkan bagi semua pihak karena akan memiliki payung hukum yang kuat. 

"Sensus Penduduk itu kan diatur dengan undang-undang (UU) sementara Pendataan Keluarga hanya oleh Peraturan Pemerintah (PP), itu pun tidak menjurus langsung ke Pendataan Keluarga. Dengan adanya variabel-variabel yang sama antara data Sensus Penduduk dengan Pendataan Keluarga ini tentunya akan menguntungkan dari sisi pembiayaan dan pendanaan lainnya," ungkap Novrijal. 

Selain itu, lanjut mantan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat ini, kader-kader KB bisa diikutsertakan dalam Sensus Penduduk sehingga pengolahan data akan serentak keluarnya. 

"Saya kira kalau integrasi data ini bisa diperjuangkan maka akan menguntungkan semua pihak, karena data ini bisa dipergunakan oleh seluruh bupati dan Walikota di seluruh Indonesia karena keakuratannya sangat tinggi," imbuh Nofrijal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00