• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kemenag Segera Umumkan Distribusi Tambahan 10.000 Kuota Haji

23 April
23:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Agama segera mengumumkan distribusi 10 ribu kuota haji tambahan untuk tiap provinsi dalam pekan ini.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pembagian itu berdasarkan pendekatan proporsionalitas sesuai kuota masing-masing provinsi

"Mungkin dalam waktu segera, dalam 1-2 hari ini kita akan segera mengumumkan distribusi pembagian 10 ribu itu berdasarkan pendekatan proporsionalitas, dimana setiap kuota provinsi itu akan mendapatkan jatah yang sesuai kuota masing-masing," kata Lukman Hakim usai membuka acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Arab Saudi Tahun 1440H/2019M, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/4/2019) malam.

Menag mengungkapkan, distribusi tersebut 25 persen diprioritaskan untuk lansia, kemudian 25 persen berikutnya untuk pendamping lansia, dan 50 persen sisanya adalah untuk mereka yang berada pada antrian masa tunggu di provinsinya masing-masing.

"Setelah itu kita umumkan baru diketahui siapa saja yang masuk dalam 10 ribu tambahan kuota ini, lalu mereka bisa segera melakukan pelunasan biaya haji tahun ini," ujarnya.

Terkait kesiapan akomodasi dan transportasi setelah adanya penambahan tersebut, menurut Lukman Hakim untuk kuota 221.000 sudah 100 persen, baik di Mekkah maupun di Madinah.

"Itu sebenarnya sudah selesai, tinggal nanti kita harus sedikit bekerja keras untuk tambahan yang 10 ribu ini," ujarnya.

Menag menambahkan, dengan adanya penambahan kuota tersebut, maka otomatis juga menambah para petugas yang akan melayani jemaah haji.

"Penambahan 10 ribu itu berimplikasi pada penambahan petugas kloter karena kloter juga bertambah 25-30 kloter. Setiap kloter ada 5 petugas, seorang ketua, tim pembimbing ibadah haji, dan 3 paramedik (satu dokter dan dua perawat). Jadi kalau satu kloter ada lima petugas yang menyertai jemaah di kloter masing-masing, maka penambahan 10 itu adalah 25-30 kloter dikalikan lima, itulah penambahan petugas kloter kita," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00