• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Bawaslu Sumbar Rekomendadikan 96 TPS Lakukan PSU

23 April
14:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Badan Pengawas Pemilu-Bawaslu Sumatera Barat, merekomendasikan 96 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 12 Kabupaten/Kota untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

PSU akan dilakukan di Bukittinggi, Solok Selatan, Sijunjung, Pasaman, Limapuluh Kota, Padang, Agam, Payakumbuh, Kepulauan Mentawai, Kota Sawahlunto, Kota Solok dan Padang Pariaman.

“Ya, data yang masuk ke Bawaslu Sumbar sebanyak 96 TPS, namun itu bisa saja berubah,” ujar Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Selasa (23/4/2019).

Ia menjelaskan, rekomendasi tersebut berdasarkan laporan yang diterimanya terkait adanya permasalahan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

Menurut Surya, dilakukannya pemungutan suara ulang tersebut dikarenakan adanya pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS, namun tidak masuk dalam Daftar Pemiih Tetap (DPT), tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan atau pemilih yang menggunakan KTP Elektronik di TPS, tetapi memilih tidak sesuai dengan alamat yang ada dalam KTP Elektronik tersebut.

Surya Efitrimen menjelaskan, yang menetapkan jadwal dilakukannya Pemungutan Suara Ulang-PSU tersebut yakni Komisi Pemilihan Umum-KPU Kabupaten Kota di Sumatera Barat.

“Rekomendasinya melalu Panwaslu Kecamatan ke PPK di Kecamatan untuk diteruskan ke KPU Kabupaten Kota. KPU Kabupaten Kota yang  menetapkan keputusan pemungutan suara ulang,” jelas Surya Efitrimen.

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen menambahkan, dari data yang dimiliki sudah ada beberapa KPU Kabupaten Kota yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang-PSU tersebut pada tanggal 27 April 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00