• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

ICW: Vonis Idrus Marham Terlalu Ringan

23 April
14:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai vonis yang diberikan bagi Idrus Marham terbilang sangat ringan dengan apa yang sudah diperbuatnya dan posisi yang diemban serta berbagai macam portofolio yang dirangkainya sebelum menghadap meja hijau. 

"Kalau melihat level jabatan menteri dan termasuk juga uang suap yang diterima menurut saya ini salah satu vonis yang sangat ringan ya. Tiga tahun itu sangat ringan kalau dilihat dari portofolio terdakwa.

Terdakwa adalah menteri kemudian mantan anggota DPR, sekjen partai, ini adalah kekuasaan yang termasuk kelas wahid di republik ini," jelas Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Donal Faridz dalam Dialog Pro 3 RRI, Selasa (23/4/2019).

Ia menilai kasus Idrus Marham juga nantinya jangan sampai berhenti pada putusan yang diberikan hakim saat ini. ICW berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat mengembangkan serta mengupas tuntas kasus ini. Bahkan tuntutan yang ada ditambahkan dengan pencabutan hak politik.

"Yang kurang adalah pencabutan hak politik menurut saya, itu yang harus secara rutin KPK melakukan itu. Dan yang terakhir menurut saya adalah soal pengembangan perkara yang harus naik tidak hanya berhenti di putusan Idrus Marham hari ini saja," ujarnya.

"Yang harus diingat adalah pikir-pikir tidak hanya bagi Idrus Marham dan kuasa hukumnya tapi juga bagi jaksa penuntut umum untuk melihat apakah tuntutan salahnya sebanding dengan vonis yang dijatuhkan oleh majelis. Normalnya kalau seandainya kurang dari 2/3 dari tuntutan jaksa penuntut umum mestinya jaksa melakukan upaya banding," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00