• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pascakebakaran, Check-In Counter Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai Kembali Beroperasi

23 April
01:31 2019
2 Votes (5)

KBRN, Mangupura : Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mengoperasikan kembali seluruh check-in counter di Terminal Keberangkatan Domestik secara efektif per hari Selasa (23/4/2019). Sebelumnya sejumlah check-in counter terdampak insiden kebakaran yang terjadi, Kamis (18/4/2019). 

Dengan demikian, layanan check-in untuk penerbangan rute domestik dari maskapai penerbangan yang sempat berpindah ke Terminal Internasional, yaitu Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air,  akan beroperasi kembali di Terminal Keberangkatan Domestik. 

“Dapat kami sampaikan bahwa mulai Selasa 23 April 2019, layanan check-in counter untuk seluruh penerbangan rute domestik dari semua maskapai akan kembali beroperasi di Terminal Keberangkatan Domestik,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono. 

“Setelah kami lakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran kemarin, hari ini dapat kami simpulkan bahwa seluruh fasilitas yang terdampak, dinyatakan laik operasi kembali,” lanjut Haruman.

Insiden kebakaran yang terjadi di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pekan lalu, sempat menimbulkan gangguan terhadap layanan check-in penumpang penerbangan rute domestik. Meja check-in nomor 23-62 terpaksa dinonaktifkan sementara, demi alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandar udara. 

Mengantisipasi hal ini, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara bereaksi cepat dengan membagi kapasitas layanan check-in counter, dengan memindahkan layanan bagi penerbangan rute domestik untuk maskapai penerbangan Air Asia, Travira Air, dan Lion Group, di Island E di Terminal Keberangkatan Internasional. 

Dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in untuk penerbangan domestik dari semua maskapai penerbangan, diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan kepada penumpang.

“Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” tutup Haruman.

Selain pengoperasian kembali seluruh meja check-in di Terminal Domestik, fasilitas eskalator dan elevator juga sudah dapat kembali dipergunakan oleh pengguna jasa bandar udara. Fasilitas mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah berfungsi kembali, dan dapat kembali dilalui oleh penumpang seperti sedia kala.

Sedangkan pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang dan pengguna jasa, akan dipersiapkan terlebih dahulu sistem satu pintu. Selain itu, sistem random checking yang akan dilakukan personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00