• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

Ketua DKPP: Pelanggaran Pemilu Tak Otomatis Curang

22 April
12:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Harjono mengatakan pelanggaran-pelanggaran yang menuju kecurangan itu berbeda, sebab kalau pelanggaran menguntungkan salah satu pihak tapi kalau kesalahan bisa berbentuk kesalahan hitung dan lain-lain dan tidak ada maksud untuk memenangkan satu pihak.

"Oleh karena itu kalau kita dengar pelanggaran jangan kemudian itu otomatis kecurangan," ucapnya kepada Pro3 RRI, Senin (22/4/2019).

Kalau ada pengaduan diperiksa tingkat kelalaiannya, ada kelalalian yang bisa di perbaiki, bisa saja kelalaian menghitung, itu manusiawi.

"Kalau sering itu persoalannya adalah kembali lagi kelalaian-kelalaian seperti apa yang dia lakukan kalau kelalaian-kelalaian yang tidak dimaksudkan untuk menguntungkan kalau dia ada maksud yang sebetulnya bukan kelalaian itu jelas sengaja, sengaja melakukan untuk keuntungan tapi kalau kelalaian itu bisa diperbaiki itu adalah fungsi TPS itu menghitung terbuka supaya semua bisa mengontrol," jelasnya.

Menurutnya, terlalu sering kesalahan mungkin karena kurang melakukan sosialisasi bagaimana seharusnya melakukan yang benar.

Namun Harjono tidak menampik jika kecurangan yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan itu pasti ada.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00