• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Peringati Hari Kartini, RRI Bengkulu Gelar Pagelaran Budaya Melayu

20 April
21:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu: Memperingati hari Kartini 21 April 2019 RRI Bengkulu sukses menggelar agenda pagelaran seni melayu. Agenda tersebut berlangsung Sabtu malam (20/4/2019).

Seniman yang tampil dalam pagelaran tersebut didominasi oleh kaum perempuan dan juga terdapat penampilan puisi dari pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 3 kota Bengkulu tentang sosok Kartini sebagai sosok pembaruan wanita Indonesia. 

Produser pelaksana pagelaran seni melayu Bengkulu Marli Effendi Zakaria mengatakan tema senandung melayu di bumi Rafflesia tersebut lantaran Bengkulu merupakan propinsi dengan budaya dan adat melayu yang cukup kuat, Indonesia pun merupakan negara melayu terbesar di dunia.

“Harapan kita nantinya budaya melayu khususnya lagu lagu melayu dapat kembali populer, khususnya pada kalangan generasi muda, apalagi para pemain musik melayu yang tampil malam ini di dominasi oleh kaum milenial,” kata Marli, Sabtu (20/4/2019).

Sementara itu kepala stasiun RRI Bengkulu Mirza Musa mengatakan seni budaya harus terus dilestarikan khususnya kepada generasi muda, sehingga pagelaran seni yang digelar kali ini khusus ditujukan kepada generasi muda.

Dirinya menegaskan setidaknya terdapat dua poin penting sebagai tujuan utama dalam agenda pergelaran seni, yakni mengapresiasi Kartini sebagai sosok perempuan yang membawa kemajuan bagi perempuan Indonesia dan juga mengajak generasi muda untuk mencintai budaya daerah.

“Kalau bukan generasi muda ya siapa lagi yang akan cinta budaya Indonesia, budaya melayu, selain cinta kita harapkan juga muncul bibit baru pegiat seni melayu, agar seni melayu terus bisa didengar dan disaksikan,” ujar Mirza Musa saat acara.

Mirza Musa menegaskan generasi muda khususnya generasi milenial harus mencintai budayanya sendiri, jangan sampai generasi muda hanya mengetahui seni budaya Indonesia seperti halnya seni Melayu dari teks-teks atau buku bacaan dan tidak pernah menyaksikan langsung.

Agenda pagelaran terebut disiarkan secara langsung oleh RRI Bengkulu, pada siaran Pro 1 dan Pro 4. Diharapkan adat-istiadat dan budaya dari Bengkulu dan juga di Indonesia dapat diketahui dan dikenali oleh masyarakat, sesuai dengan misi RRI yakni membangun peradaban.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00