• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ribuan Umat Katolik di Kupang Rayakan Malam Kamis Putih

19 April
09:37 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kupang : Seluruh Umat Katolik di dunia pada Kamis (18/4/2019) malam, merayakan Kamis Putih sebagai simbol Trihari Suci menjelang perayaan paskah, yang juga ditandai dengan Pembasuhan kaki para murid oleh Yesus, sebagai lambang pelayanan kepada sesama dengan rendah hati dan penuh cinta kasih.

Perayaan malam Kamis Putih yang merupakan awal perayaan Trihari Suci ini turut dilaksanakan umat Katolik di Geraja Paroki Santa Maria Assumpta Kota Kupang, dipimpin Romo Rudi Tjung Lake, dan dibantu Diakon Budiyanto Lelang Aya.

Dalam peristiwa Ekaristi Kamis Putih yang dihadiri ribuan umat katolik itu, secara khusus ingin mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama dua belas muridNya, yang disertai dengan pembasuhan kaki para murid, sebagai simbol pelayanan tulus dari seorang pemimpin.

Kenangan perjamuan terakhir Yesus bersama dua belas muridNya dilakoni Pastor Paroki Santa Maria Asumpta Wali Kota Kupang Romo Rudi Tjung Lake, sekaligus ingin mengajak umat Katolik di Paroki Santa Maria Assumpta Kota Kupang, Keuskupan Agung Kupang bahwa, pelayanan dan cinta kasih Kritus bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani dengan rendah hati, tanpa memandang manusia siapa pun.

Diakon Budiyanto Lelang Aya dalam kotbahnya menuturkan, peristiwa kamis putih bukan sekedar peringatan, akan tetapi ajakan untuk saling mengasihi dan melayani dengan rendah hati dan penuh cinta kasih.

“Kita harus selalu memandang pembasuhan kaki yang dilakukan oleh Yesus, sebagai sebuah keteladanan dari model kepemimpinan seorang hamba. Karena pembasuhan kaki yang ditunjukan oleh orang-orang yang percaya Kristus, dapat kita lihat dalam tanggungjawab kita dalam melaksanakan yang dipercayakan, meskipun sederhana,” seru Diakon Budi di Gereja Paroki Santa Maria Asummpta Kota Kupang.

Lebih lanjut, Diakon Yanto menuturkan bahwa, peran pelayanan manusia terwujud dalam pergaulan dan perbuatan setiap hari, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan tempat tugas. Menurutnya, sekecil apapun tugas yang dipercayakan, itu merupakan tanggjungjawab yang harus dilakukan dengan penuh kerendahan hati dan cinta kasih, termasuk menghadapi setiap cobaan ataupun tantangan.

“Kita juga dapat memperlihatkan moment pembasuhan kaki saat kita mengalami penderitaan atau banyaknya masalah, yakni dengan tetap setia dan selalu berdoa kepada Tuhan. Karena melalui doa, Tuhan selalu memberikan jalan keluar lewat sesama kita. Dan semua ini kita lihat saat merayakan perayaan Ekaristi Kudus,” tuturnya.

Pantauan RRI di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Kota Kupang, perayaan Ekaristi malam Kamis Putih diikuti ribuan umat Katolik di Kupang.

Perayaan malam kamis putih tersebut juga dibagi dalam dua kali misa yakni, pada pukul 17.00 WITA dan misa kedua pada pukul 19.00 WITA.

Perayaan tersebut juga terpantau ada penjagaan dari pihak Kepolisian, security gereja, dan Pemuda Katolik, sehingga perayaan Malam Kamis Putih di Paroki Santa Maria Assumpta Kota Kupang berjalan aman dan lancar. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00