• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

Ganti Talkie-Walkie, PPLN Kairo Gunakan "Zello" Selama Pemilu 2019

19 April
05:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Mesir, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Kairo menggunakan aplikasi Zello sebagai sarana komunikasi antar petugas, mengingat terbatasnya alat komunikasi jenis Talkie-Walkie yang dimiliki PPLN.

Selain itu, peraturan Mesir yang harus mendaftarkan semua jenis saluran ke otoritas setempat membuat PPLN Kairo mengambil inisiatif dengan menggunakan aplikasi berbasis android dan ios tersebut.

"Ini inisiatif kita sendiri untuk memakai aplikasi Zello yang kita gunakan berkomunikasi dengan petugas-petugas baik PPSLN, Panwaslu dan keamanan, terutama saat kegiatan Pemilu yang berlangsung di sekitar kompleks KBRI ini. Awalnya kita ingin menyewa Talkie-Walkie tapi setelah dipikir-pikir apalagi disini (Mesir) tidak bisa sembarang jika ingin menggunakan jaringan jenis apapun, akhirnya kita ambil simple-nya saja dengan memakai aplikasi ini," ungkap Ketua PPLN Kairo, Muhammad Amin Samad, Jumat (19/4/2019).

Menurut Amin, penggunaan aplikasi Zello bahkan lebih praktis daripada perangkat komunikasi frekuensi radio lainnya karena cukup dengan koneksi internet stabil, pihaknya dapat saling komunikasi secara "real time".

Dari Pantauan RRI mulai dari tahapan pemungutan suara di TPS hingga proses penghitungan dan rekapitulasi suara, bila diperlukan, puluhan petugas KPPSLN ditambah lima anggota PPLN dan lima anggota Panwaslu serta pihak keamanan setempat saling berkomunikasi dengan aplikasi Zello tersebut. 

"Semua sekarang sudah punya smartphone, tinggal download dan memasukkan list member, kita bisa saling komunikasi secara langsung. Hanya kendalanya kalau jaringan lagi tidak stabil syukurnya jaringan internet disini sudah 4G jadi tidak ada hambatan," tambahnya.

Prinsip kerja aplikasi Zello ini tidak jauh berbeda dengan perangkat Talkie-Walkie. Setelah diunduh dan melakukan pendaftaran, selanjutnya pengguna menambahkan pengguna lainnya melalui nomor gawai yang tersimpan di daftar kontak ke dalam daftar anggota pertemanan Zello. Untuk berkomunikasi cukup menyentuh lingkaran besar di tampilan awal aplikasi tersebut dan data suara akan dibagikan ke seluruh pengguna lainnya.

Kekurangan aplikasi tersebut diantaranya bila koneksi tidak stabil, percakapan bisa tertunda tetapi hanya sekitar satu hingga tiga detik. Aplikasi Zello dapat diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore.

Sementara itu, pasca rekapitulasi perolehan suara Presiden dan DPRD yang telah dilaksanakan pada Kamis (18/4/2019), Kegiatan PPLN Kairo berikutnya sesuai dengan agenda Pemilu 2019 yaitu penyampaian berita acara hasil penghitungan suara dan alat kelengkapan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan akan diteruskan ke KPU RI.

Dirilis dari PPLN Kairo, Paslon Presiden Jokowi-Ma'aruf memproleh persentase suara sebanyak 24,74 persen dan Paslon Prabowo-Sandy memperoleh porsentase suara sebanyak 73,40 persen.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00