• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

Disabilitas Terfasilitasi dalam Pemilu Serentak 2019

18 April
16:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Penyandang Disabilitas di Kota Padang mengaku telah mendapat layanan memilih selama Pemilu serentak tanpa diskriminasi.

Ketua Penyandang Disabilitas Kota Padang Icun Sulhadi mengakui, Komisi Pemilihan Umum -KPU Kota Padang telah mengakomodir semua kebutuhan pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara kemarin.

“KPU Padang telah memberikan akses yang memudahkan bagi penyandang disabilitas dengan regulasi pendukung yang cukup baik,” ujarnya, Kamis (18/04/2019).

Kendati demikian, yang menjadi kendala bagi penyandang disabilitas, menurut Icun, keragaman dan kemampuan teknis dari petugas KPPS yang belum sama, seperti cara  menggunakan alat yang dipakai untuk  pencoblosan. Apalagi bagi penyandang tuna rungu.

“Dari laporan yang diterima, masih banyak penyandang disabilitas yang belum mengetahui cara penggunaan alat, karena petugas KPPS tidak mengajarkan, kemudian komunikasi kepada penyandang tuna rungu juga perlu menjadi perhatian,” tambahnya.

Icun menjelaskan, dari 1.144 jumlah penyandang disabilitas yang berhak memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019, pihaknya masih menunggu kepastian dari KPU, berapa jumlah pasti yang telah menggunakan hak suaranya.

“Secara umum dari data 1.144 pemilih penyandang disabilitas, kita belum tahun berapa yang memilih, kita masih tunggu dari KPU Padang,” jelas Cun Sulhadi.

Namun demikian Icun menilai, secara umum regulasi dalam pelaksanaan Pemilu 2019 sudah baik, karena diperkuat dengan SK dari KPU untuk membentuk Pemilu yang peduli disabilitas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00