• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pakar: Kubu Kedua Capres Diminta Tidak Saling Klaim Kemenangan

18 April
14:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pakar Politik Dr. Emrus Sihombing mengatakan semua pihak sebaiknya menunggu hasil perhitungan manual (real count) terhadap semua suara dari seluruh Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU kedua kubu paslon capres jangan saling mengklaim menang dalam pilpres 2019. 

"Jangan sampai ada merasa sudah menang pasti ada yang saling klaim," ucap Emrus Sihombing kepada Pro3 RRI saat dihubungi, Kamis (18/4/2019).

Emrus menyebutkan, sejumlah lembaga survei telah menyampaikan hasil perhitungan cepat. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan perolehan suara oleh dua paslon pilpres. Salah satu paslon berpeluang mendapat dukungan rakyat menjadi presiden dan wakil presiden, sedangkan lainnya bisa sebaliknya.

"Jadi, hasil survei ini bukan pegangan, hanya sekadar peluang sementara," paparnya.

Terkait dengan pelaku survei, Emrus menjelaskan para lembaga yang sudah terdaftar di KPU lebih memiliki otoritas menyampaikan hasil kepada publik daripada yang belum.

Menurutnya, bila ada lembaga yang belum terdaftar di KPU, tetap bisa melakukan survei namun hasilnya bersifat internal.

"Karena itu, hasilnya tidak untuk disajikan ke ruang publik," ungkapnya.

Emrus juga memaparkan, kalaupun memang hasil survei internal disampaikan ke publik, sebaiknya tidak hanya merilis hasilnya yang memosisikan paslon tertentu memperoleh angka lebih banyak dari lainnya, tetapi yang paling utama membuka, mendiskusikan dan membongkar metodologi yang digunakan pada semua tahapan proses survei yang dijalankan.

"Oleh karena itu, dari aspek penelitian survei yang terutama diperbincangkan adalah metodologi yang digunakan, bukan sekadar penyampaian hasil dari suatu survei itu sendiri," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00