• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masuk Kerja Besok, Perusahaan Wajib Beri Uang Lembur

16 April
18:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dengan ditetapkannya oleh Pemerintah tanggal 17 April 2019, Rabu besok sebagai hari libur nasional, karena akan berlangsung Pemilu serentak, diingatkan perusahaan yang masih memperkerjakan karyawannya, wajib memberikanuang lembur.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang telah disebar ke kabupaten/kota, termasuk di perusahaan-perusahaan serta serikat pekerja. Jadi Jika ada perusahaan yang tetap menjalankan kegiatan operasionalnya besok,diminta untuk membayar penuh hak karyawan dan masuk pada hitungan lembur,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskanertrans) Provinsi Bengkulu Sudoto, kepada jurnalis.

Selain itu dikatakan, pihak perusahaan juga diwajibkan untuk membuat jadwal pergantian kerja.Hal tersebut dimaksudkan untuk menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi, para pekerjanya bisa tetap menggunakan hak politiknya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Perusahaan juga harus berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat untuk bisa menyediakan TPS, atau meminta informasi lokasi TPS terdekat dari perusahaansetempat,” ujarnya, Selasa, (16/4/2019).

Ditegaskan, bagi perusahaan yang tidak menjalankan ketentuan tersebut, dan ada yang membuat laporan, bisa dikenakan denda. Untuk itu agar seluruh perusahaan dapat mengetahuinya, karena sebelumnya juga sudah ada SE.

"Jikaada laporan tidak membayar lembur, bisa didenda, itu ada ketentuannya dan wajib. Bahkan selain denda juga bisa mengarah ke pidana apabila perusahaan tidak membayar lembur karyawan yang tetap bekerja di hari libur," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00