• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Pangdam Udayana Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

16 April
17:11 2019
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana all out membantu kepolisian dan komisi pemilihan umum (KPU) dalam menyukseskan pemilihan umum (pemilu) 2019.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan jajaran TNI guna menunjang operasi pengamanan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres).

Tidak sebatas pengamanan, Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto juga mengimbau masyarakat menyalurkan hak pilih ke tempat pemungutan suara (TPS). Menurutnya, sebagai anak bangsa memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan proses demokrasi.

"Tentunya saya juga mengimbau kepada masyarakat Bali khususnya, marilah kita berbondong-bondong datang ke TPS sebagai bagian daripada tanggung jawab kita sebagai anak bangsa, ikut serta dalam menghidupkan demokrasi bangsa yang positif, dengan tidak memilih golput. Suara anda sangat menentukan bagi kebesaran bangsa ini. Oleh karena itu saya imbau gunakan hak suara anda untuk memilih pemimpin kita yang terbaik, untuk membawa bangsa ini menuju bangsa yang besar," ujarnya ketika ditemui wartawan di Denpasar, Selasa (16/4/2019).

Terkait perkuatan, jenderal bintang dua itu menyebut, Kodam IX/Udayana mengerahkan setidaknya 6.000 lebih personel khusus di Pulau Dewata. Personel tersebut disebar guna membackup tugas kepolisian dalam menciptakan keamanan, dan ketertiban masyarakat.

"Kalau disebar sesuai dengan keperluan TPS, tidak akan cukup pasukan kami, sehingga kami menggunakan skala prioritas dengan hakekat ancaman yang mungkin terbesar," katanya.

Ditanya daerah rawan, Pangdam IX/Udayana memaparkan, sejauh ini belum ada titik yang perlu mendapatkan atensi ekstra. Karena pada hakekatnya seluruh wilayah di Pulau Dewata memiliki potensi ancaman yang sama. Namun sesuai pemetaan, Bali pada pemilu serentak tahun 2019 memiliki tingkat kerawanan sedang.

"Sehingga kami tidak memfokuskan kepada titik tertentu, tetapi bagaimana kami menempatkan pasukan yang bisa dikerahkan sewaktu-waktu untuk mampu mengcover semua wilayah Bali," tutup Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00