• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Ribuan Warga Kaltim Belum Terima Undangan C6

16 April
14:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kurang dari 24 jam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 masih banyak masyarakat Pemilih di Samarinda yang belum menerima surat undangan memilih atau Form C6. Meski tidak menjadi satu-satunya syarat agar bisa mencoblos namun form C6 masih dianggap penting bagi pemilih yang menandai dirinya diundang hadir untuk mencoblos di TPS.

Warga Samarinda Anugerah kepada RRI dalam Program Opini Publik Selasa (16/4/2019) mengatakan dirinya dan banyak warga yang belum menerima surat undangan. Dirinya mengaku heran dengan keterlambatan pendistirbusian C6 yang bahkan terjadi di wilayah perkotaan seperti Samarinda.

“Ini kan bukan pertama kali kita gelar Pemilu. Dulu-dulu, surat undangan C6 ini dibagi seminggu sebelum Pemilu. Tapi di Pemilu ini, sampai sekarang Saya dan keluarga belum terima form C6. Ini di Samarinda, apalagi di daerah jauh dari pusat Kota”, keluhnya.

Ketua KPPS 39 yang berlokasi di RT 6 Jalan Juanda 8 Kota Samarinda Nano kepada RRI mengakui  pendistribusian surat C6 di wilayahnya hingga kini baru mencapai 80 persen. Dari total pemilih sebanyak 289 orang masih ada warganya yang belum mendapat form C6. Kondisi ini menurut Nano akibat keterlambatan surat undangan dari KPU sehingga KPPS harus bekerja ekstra membagikan undangan hingga pukul 18.00 wita.

“Bukannya Kita dari KPPS ngga mau membagi atau sengaja terlambat membagikan ke warga tetapi Kami sendiri memang terima form C6 dari KPU agak terlambat juga”, kata Nano.

Hingga kini baru 80 persen surat undangan yang terdistribusi ke masyarakat Pemilih. Komisioner KPU Kaltim Mukhasan Ajib mengakui keterlambatan C6 terjadi akibat keterlambatan perusahaan percetakan mengirimkan surat C6 yang baru dilakukan pada tanggal 11 April 2019 lalu.

“Pemenang lelang untuk surat undangan adalah sebuah percetakan dari Bali. Nah mereka baru tanggal 11 April lalu mengirimkan surat undangan menggunakan Kapal. Jadi disini penyebab keterlambatannya. Kita selaku penyelenggara mendesak terus”, tegas Ajib kepada RRI.

Namun diyakini Hari ini pada pukul 18.00 Wita Sore nanti seluruh undangan C6 bisa terdistribusi dengan baik ke semua pemilih.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00