• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Gunakan Kapal Kayu, 3.015 Surat Suara di Aceh Didistribusikan ke Pulau Terluar

16 April
12:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, Provinsi Aceh mendistribusikan surat suara ke wilayah pulau terluar yaitu ke Pulo Nasi dan Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh, Selasa (16/4/2019). 

Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan jalur laut. Sekitar 101 kotak surat suara diangkut dengan menggunakan boat kayu dari dermaga sandar pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju ke Kecamatan Pulo Aceh.Proses pendistribusian logistik pemilu ini dikawal oleh petugas bersenjata lengkap dari TNI-Polri. 

Pendistribusian logistik surat suara pemilu ini turut disaksikan oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yudha dan sejumlah stakeholder terkait. 

"Rute yang ditempuh dari Ulee Lheu menuju ke Pulau Nasi dengan jarak tempuh pelayaran selama 1,5 jam, dan ditambah 1 jam ke Lampuyang, Pulau Breuh," kata Ketua Divisi Hukum KIP Aceh Besar, Junaidi. 

Sesampai di Pulau Nasi dan Pulau Breuh, logistik surat suara diterima langsung oleh PPK, yang didampingi oleh TNI Polri dan Panwas. 

"Jadi perjalanannya ada dua tempat persinggahan," ujar Junaidi. 

Junaidi menjelaskan, di Kecamatan Pulo Aceh terdapat 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan ditempatkan di 17 desa. "Ada 3.015 orang pemilih yang terdiri dari 1.578 laki-laki dan 1.437 perempuan," rincinya.

Selain kotak surat suara, tambah Junaidi, KIP Aceh Besar juga mendistribusikan sekitar 72 bilik suara.  

"Dipastikan malam nanti akan sampai. Nantinya logistik surat suara diinapkan di kecamatan sesuai dengan hasil koordinasi PPK di Kecamatan Pulo Aceh dan besoknya, Rabu (17/4/2019) warga di Pulo Aceh sudah bisa menggunakan hak suaranya," ungkap Junaidi. 

Dia mengungkapkan, kendala dalam pendistribusian logistik pemilu ke pulau terluar ini adalah faktor cuaca. 

"Kendalanya karena menggunakan jalur laut, jadi kita memperhatikan cuaca. Itu kendala utama. Dan ketikan proses pengembalian logistik ke KIP Aceh besar juga memperhatikan cuaca karena menggunakan transportasi laut," katanya. 

Untuk mengantisipasi logistik surat suara tidak rusak, pihaknya membungkus kotak surat suara dengan menggunakan plastik. 

"Jadi kita bungkus dengan plastik agar tidak basah terkena air laut, kita berharap proses penyaluran logistik ini berjalan lancar," pungkas Junaidi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00