• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Mensos Tekankan Pentingnya Mengoptimalkan Potensi TKSK dalam Menangani Masalah Sosial

15 April
21:36 2019
1 Votes (5)

KBRN,  Jakarta : Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita menekankan peran penting sumber daya sosial dalam mengatasi berbagai masalah kesejahteraan sosial. 

Salah satu sumber daya sosial di Indonesia adalah Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan  (TKSK). Mereka memiliki jejaring kerja yang luas sehingga bisa ikut mengatasi masalah sosial dengan efektif dan efisien.  

"Oleh karena itu, berbagai negara di dunia mengoptimalkan peran sumber daya sosial mereka,"  kata Mensos dalam kegiatan Konsolidasi dan Jejaring Kerja TKSK Seluruh Indonesia Tahun 2019 di Jakarta,  Senin (15/84/2019).

Menurut Mensos,  kesadaran akan pentingnya peran sumber daya sosial membuat berbagai negara membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi warganya untuk ikut serta menangani permasalahan kesejahteraan sosial.

Mensos mengatakan TKSK dapat memperkuat dukungan kepada pemerintah dengan membentuk jejaring kerja dengan berbagai pihak baik itu pemerintah maupun masyarakat lainnya. 

"Karena itu merupakan dasar bagi TKSK yang sering memberikan layanan langsung kepada masyarakat agar mudah mendapatkan kepercayaan dan dukungan dalam mencapai tujuannya, " kata Mensos.

Mensos mengingatkan bahwa perkembangan masalah sosial saat ini semakin kompleks dan menuntut peran aktif para pemangku kepentingan baik unsur masyarakat, pemerintah maupun dunia usaha.  Mensos berharap, semua pihak bahu membahu melaksanakan upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Tak lupa Mensos mengingatkan, di era Revolusi Industri 4.0 ini seluruh elemen masyarakat termasuk TKSK dituntut dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan informasi. 

Kata Mensos,  kemajuan teknologi memberikan kemudahan memperolah berbagai layanan sosial bagi masyarakat. Digitalisasi teknologi mempermudah tugas TKSK karena didukung oleh sistem dan perangkat yang mudah diakses secara cepat di seluruh wilayah tanah air. 

“TKSK menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah mensosialisasikan program maupun memberikan pendamping sehingga dapat memberikan penguatan kepada masyarakat," kata Mensos.

Sebagai garda depan, TKSK diharapkan dapat memetakan kondisi masyarakat dengan permasalahannya.  "Kita optimistis mampu dan dapat lebih cepat, tepat, dan efisien dalam menangani masalah sosial,"  kata Mensos. 

Oleh karena itu Mensos mendorong TKSK memperkuat jejaring dengan semua pihak baik pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah, dan juga dengan masyarakat.  

Masyarakat yang dimaksud Mensos adalah tokoh agama, kampus, dunia usaha, atau LSM. "Kerja sama yang baik akan menciptakan hubungan baik yang pada gilirannya akan membawa sukses,"  kata Mensos.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00