• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Bukittinggi Geser Pasukan ke TPS

15 April
21:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Polres Bukittinggi bersama Kodim 0304 Agam siap mengamankan Pemilu serentak 2019, ditandai dengan Apel Pergeseran Pasukan, yang berlangsung Senin (15/4/2019) sore tadi di halaman Mapolres setempat.

Apel Pergeseran Pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0304/Agam Letkol Infanteri Victor Andhyka Tjokro, diikuti Pejabat Utama Polres dan Polsek, serta ratusan personel, termasuk BKO dari Polda Sumatera Barat dan Brimob.

Pada kesempatan itu Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, menuturkan, dalam mengamankan Pemilu serentak ini dilibatkan 814 personel, yang terdiri dari 513 personel dari Polres Bukittinggi, 60 dari Polda Sumatera Barat, 30 orang personel Brimob, serta 320 personel dari Kodim 0304/Agam, yang digabung dengan Bataliyon 131 Payakumbuh.

“Personel ini akan mengamankan 1.217 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang 349 diantaranya berada di Kota Bukittinggi, dan selebihnya 918 TPS berada di Kabupaten Agam bagian timur, dan mereka mulai ditugaskan hari ini menuju lokasi penugasan masing-masing,” terangnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, personel yang ditugaskan ini diminta memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberikan, dan mereka sudah dibekali dengan aturan dan ketetapan yang berlaku, dan sudah melaksanakan tugas mengikuti tahapan Pemilu serentak ini.

“Personel juga telah mengikuti simulasi pengamanan Pemilu serentak, sekarang memasuki tahapan pendistribusian logistik ke TPS, pencoblosan, pemungutan suara, maka dari itu optimalkan lah tugas yang diberikan, dan mereka juga diminta untuk mengawasi secara ketat kondisi di setiap TPS, terutama yang diprediksikan rawan terjadinya pelanggaran,” jelasnya.

Arly Jembar Jumhana berharap, dengan matangnya persiapan personel ini, dimanapun mereka ditempatkan dapat beradaptasi dengan segala bentuk situasi, sehingga pengamangan saat hari H pencoblosan hingga selesainya proses penghitungan suara di setiap TPS terkoordinir dengan baik, dan minim terjadinya pelanggaran.

“Untuk itu laksanakan tuga ini dengan penuh tanggung jawab di TPS-nya masing-masing, dan kepada masyarakat juga diimbau menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing, tidak melakukan tindakan provokasi hingga anarkis, demi terciptanya Pemilu yang aman, damai serta badunsanak,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0304/Agam Letkol Infanteri Viktor Andhyka Tjokro, mengatakan, dalam pengamanan Pemilu ini personel yang ditugaskan bersifat BKO, seluruhnya dalam kendali Polres Bukittinggi, dan sudah kewajiban personel memberikan bantuan secara maksimal.

“Sebanyak 220 personel Kodim 0304/Agam diturunkan dalam mengamankan Pemilu serentak ini, ditambah 1 SSK atau 100 personel tambahan dari Batalyon 131 Payakumbuh yang dibagi dua tim, 50 personel ditempatkan di Kota Bukittinggi, dan 50 personel lainnya di Kabupaten Agam bagian timur,” sebutnya.

Menurut Viktor Andhyka Tjokro, personel Kodim 0304/Agam siap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, dan dengan saling koordinasi dengan personel dari Polres Bukittinggi ditargetkan Pemilu mendatang berjalan dengan aman dan kondusif.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00