• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KPU Garut Kebut Pendistribusian Logistik

15 April
20:07 2019
0 Votes (0)

KBRN,Garut : Pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019 hanya tinggal 2 hari lagi. Di sisi lain, saat ini logsitik Pemilu yang sudah terdistribusikan baru mencapai sekitar 30 persen. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut Divisi Hukum dan Pengawasan, Aneu Nursifah menyebutkan pemungutan suara Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Dengan kata lain, waktu yang tersisa saat ini tak banyak lagi, hanya tinggal 2 hari.

"Hari ini sudah H-2 pencoblosan Pemilu 2019 akan tetapi pendistribusian logistik hingga hari ini masih belum rampung," ujar Aneu saat ditemui di gudang penyimpanan logsitik Pemilu 2019 di kawasan Lapang Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (15/4/2019).

Bahkan menurut Aneu, saat ini logistik yang sudah terdistribusikan baru sbagian kecilnya saja yakni hanya sekitar 30 persen. Namun demikian Aneu mengaku yakin seluruh logsitik sudah bisa terdistribusikan sesuai agenda yang telah ditentukan. KPU, tutur Aneu, akan mengepektifkan waktu yang ada untuk memenuhi distribusi logistik ke seluruh wilayah. Namun wilayah terjauh akan mendapatkan prioritas dalam pendsitribusian logistik ini.

Ia mencontohkan, di dapil (daerah pemilihan) 3 yang dinilai rawan mengingat jauh dari perkotaan Garut serta letak geografisnya, pendistribusian logistik sudah dilaksanakan. Untuk tahap awal, pendistribusian logsitik memang lebih difokuskan untuk wilayah yang terjauh.

"Logistik untuk dapil 3 yakni Talegong, Mekarmukti, Cisewu, Caringin dan Bungbulang memang sudah didistribusikan. Namun itupun masih ada kekurangan dua surat suara dan agendanya akan diselesaikan hari ini," katanya.

Aneu menargetkan, besok (hari ini) semua logistik Pemilu sudah berada di semua kecamatan. Untuk lebih epektifnya pendistribusian, KPU Garut pun sudah mengerahkan semua personil hingga tingkat PPS.

"Seluruh personil telah kita kerahkan untuk turut membantu pendsitribusian agar lebih cepat. Kami tagetkan besok pendistribusiannya sudah selesai semua," ucap Aneu.

Menurutnya, proses pendistribusian memang mengalami kendala yakni kurangnya armada untuk mengangkut logistik. Sebagai antisipasiya, KPU Garut telah menyiapkan armada yang disiapkan di lima titik. Sementara itu Ketua KPU Garut, Junaidin Basri menambahkan jika saat ini Garut masih kekurangan 49.119 lembar surat suara. Semua surat suara yang masih mengalamikekuranagn itu semuanya surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Itu kekurangan untuk penggantian surat suara yang rusak. Namun saat ini suirat suaranya sudah ada di Bandung dan malam ini juga akan kita ambil," kata Jun.

Ia mengaku optimis semua logistik Pemilu termasuk surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden akan sudah dapat didistribusikan ke seluruh wilayah paling lambat sehari sebelum pencoblosan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00