• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Bawaslu dan Satpol PP Alor 'Sapu' APK

15 April
19:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Alor : Meski sudah memasuki masa tenang, akan tetapi masih banyak alat peraga kamapnye (APK) terpasang dipinggir jalan sepuran kota kalabahi, maupun diwilayah kecamatan di Kabupaten Alor. Menyikapi kondisi tersebut badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Kabupaten Alor sejak minggu hingga senin (15/4/2019) melakukan penertiban alat peraga kampanye dibantu satuan polisi pamong praja kabupaten Alor. 

Komisioner Bawaslu Alor Orias Langmau mengatakan, alat peraga yang masih terpasang diturunkan karena sesuai aturan pada masa tenang tidak ada lagi APK dalam bentuk apapun terpasang. Karena jika masih ada peserta pemiliu yang sangaja membiarkan akan dibongkar secara paksa.

Dikatakan tidak saja alat peraga kampanye tetapi selebaran dan stiker sudah tidak diijinkan lagi untuk dibagikan jika masyarakat masih menemukan adanya oknum yang melakukan penyebaran stiker dan kartu nama diminta segera melaporkan karena masuk dalam pelanggaran pemilu.

"Kami dua hari ini melakukan penertiban APK karena masih banyak terpajang ada yang sengaja membiarkan meski tau sudah masa tenang karena itu kami dibantu Satpol PP melakukan penertiban ini, agar pada masa tenang ini tidak ada lagi aktivitas kampanye," ungkapnya.

Menurut orias Langmau, penertiban alat peraga kampanye yang dilakukan memang tidak secara keseluruhan mengingat keterbatasan tenaga. Karena surat resmi telah disampaikan kepada peseta pemilu untuk secara sadar menurunkan alat peraga kampanye yang masih terpajang demi pelaksanaan pemilu yang aman dan tertib.

"Memang kami tidak seluruh wilayah melakukan penertiban seperti di kepulauan kami minta ada kesadaran pserta kampanye untuk menurunkan APK yang masi terpajang sehingga pemilu ini benar-benar berjalan sesuai aturan yang ada," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00