• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Fadli Zon Rangkum Ucapan Kritisnya Dalam Buku Setebal 500 Halaman

15 April
19:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meluncurkan buku berjudul Catatan-catatan Kritis dari Senayan. Buku setebal 500 halaman tersebut merupakan kumpulan penggalan kalimat Fadli terhadap proses bernegara yang ia lontarkan secara langsung maupun melalui media sosial.

"Saya merasa ini perlu dikumpulkan sebagai sebuah catatan dan bukti apa yang saya ucapkan secara subtantif tentang berbagai macam masalah, kasus yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa kita dan akhirnya menjadi sebuah kompilasi buku yang lumayan tebal juga," ujar Fadli kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dalam launching buku ini hadir juga sebagai narasumber Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, tokoh betawi Ridwan Saidi, pengamat ekonomi Rizal Ramli, peneliti senior LIPI Siti Zuhro dan juga moderator acara M. Tri Andhika.

Semuanya menyambut baik dengan terbitnya buku yang ditulis oleh Fadli Zon. Fadli sendiri berpendapat jika buku ini adalah rasa tanggung jawabnya kepada masyarakat.

"Dan ini pertanggungjawaban saya juga terhadap publik, kepada masyarakat, terhadap apa yang saya ucapkan, tentu ini juga bagian dari sebuah diskursus perdebatan," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengutarakan harapannya agar ke depan DPR bisa mementingkan hal yang substantif.

"Mudah-mudahan ke depan dalam praktik berparlemen kita mengedepankan perdebatan yang substantif," harap Fadli.
Fadli juga sebelumnya pernah merilis karya tulis lainnya berjudul “Berpihak Kepada Rakyat”. Setidaknya, hingga kini ia telah meluncurkan 3 buku selama menjadi pimpinan DPR periode 2014-2019.

“Tetapi buku ini lebih kepada substansi. Dan pokok-pokok pikiran yang terlontar. Ada yang memang betul sangat spontan, ada juga yang memang berdasarkan sebuah riset yang mendalam terutama yang terkait ekonomi, yang terkait data-data,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebagai kader partai oposisi, kata Fadli, sudah selayaknya memberikan komentar kritis terhadap jalannya pemerintahan. Terlebih, ia juga menjabat sebagai pimpinan DPR.

Meski begitu, Fadli Zon menegaskan ia siap mempertanggungjawabkan seluruh pernyataan maupun komentar yang ia tuangkan dalam bukunya.

“Dalam perjalanan bangsa saya kira kita perlu perdebatan-perdebatan substantif dengan berbagai macam isu. Dan ini yang kita perlukan ke depan di dalam pemerintahan maupun parlemen," tuturnya.

"Saya kira ini upaya melakukan refleksi terhadap isu-isu substantif yang dihadapi hari ke hari lagi mungkin ke depan saya tambahkan revisi karena ini baru sebagian,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00