• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

LPP RRI Siapkan 2000 Relawan Untuk Quick Report Pemilu 2019

15 April
19:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Setelah sukses menyelenggarakan program quick count pada pemilu presiden tahun 2014 dengan sangat presisi, maka pada 2019 ini Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) akan melaksanakan Program Quick Report dan Exit Poll Pemilu 2019.

“Kita menggunakan metodologi multistage random sampling, dengan tingkat validitas 99%, dan margin error sekitar 1%,” ujar Soleman Yusuf, selaku Direktur Program dan Produksi LPP RRI, di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Melalui program quick report, lanjut Soleman, para pendengar RRI akan memperoleh informasi lebih lengkap dari seluruh tim quick report di sejumlah daerah.

“Mereka akan menyajikan informasi yang disiarkan dalam sejumlah platform media RRI, mulai kenal radio nasional, di publish melalui rri.co.id, dan disiarkan secara audio visual melalui rrinet,” katanya.

Saat ini RRI (melalui Puslitbangdiklat RRI) telah terdaftar secara resmi di Komisi Pemilihan Umum RI, sebagai salah satu lembaga survei atau jajak pendapat dan hitung cepat Pemilu 2019.

“Quick report Pemilu 2019 RRI melibatkan 2000 relawan yang bertugas mengumpulkan data dan informasi dari 2000 TPS amatan yang telah dipilih secara random, dan melakukan kegiatan news feeding, exit poll dan quick count, melalui aplikasi khusus berbasis smartphone android,” ungkapnya.

Sementara, Eddy Sukmana, selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, quick report Pemilu 2019 LPP RRI adalah suatu kegiatan penyampaian berita dan informasi menggunakan dua metode.

“Yaitu praktek jurnalisme dengan metode konvensional, dan praktek jurnalisme presisi yaitu salah satu bentuk praktek jurnalistik yang mengadopsi metode penelitian kuantitatif, yang dipraktekkan para peneliti,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00