• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Dua Caleg di Coret, Terbukti Lakukan Politik Uang

15 April
18:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandung: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menangani dugaan kasus  politik uang yang terjadi pada tahapan Pemilu. Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdulah mengatakan, kasus dugaan  politik uang tersebut 2 kasus sudah inkrah yaitu kasus politik uang di Cianjur dan Indramayu. Sedangkan yang masih   dalam proses penanganan Bawaslu, OTT politik uang yang terjadi  di  kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran.

“KPU mencoret peserta pemilu yang bersangkutan, yang kasusnya sudah inkrah Cianjur dan Indramayu. Ini jadi preseden penting bahwa politik uang adalah kejahatan pemilu. Bawaslu mengawal ketika ada proses pelanggaran yang dilakukan, sudah dengan vonis pengadilan dengan putusan pidana kurungan beserta sanksi administrative yang sudah dikeluarkan oleh KPU,”ungkap Abdulah di Sekretariat Bawaslu Jabar kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Dalam modus politik uang ungkap Abdulah, peserta pemilu di Ciamis tersebut membagikan amplop berisi uang Rp.25 ribu berikut kartu nama dan bentuk surat suara. Sedangkan untuk di kab. Pangandara, Bawaslu menemukan adanya pembagian amplop yang berisi uang dengan nominal Rp.100 ribu.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain melakukan operasi tangkap tangan (OTT) tindak pidana pemilu politik uang, pihaknya juga hingga tahapan kampanye usai, telah menangani 636 dugaan pelanggartan pemilu, baik merupakan aduan maupun temuan. Dari 636 dugaan pelanggaran pemilu itu, 520 merupakan temuan dan 116 laporan  pelanggaran Pemilu.

“Pelanggaran administrative  pemilu paling tinggi, yakni 450 kasus, sedangkan pidana pemilu terdiri dari 80 kasus, kode etik 14 kasus, pelanggaran huku lainnya 22 kasus dan 56 kasus bukan pelanggaran Pemilu,”pungkasnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00