• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Sosialisasi LPPDK Pemilu di Aceh Singkil, Hanya Enam Partai Politik yang Hadir

15 April
18:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil:  Dalam Sosialisasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Pemilihan Umum 2019 di Aceh Singkil, yang digelar di Aula Bappeda Aceh Singkil, hanya enam Partai Politik dan satu tim penghubung Calon Presiden/Wakil Presiden yang hadir.  

Padahal undangan Sosialisasi Kegiatan sudah disampaikan kepada 16 Partai Politik dan Tim Sukses Calon Presiden/Wakil Presiden Peserta Pemilu di Kabupaten Aceh Singkil sejak dua hari lalu.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil, Edi Sugianto, kepada RRI, Senin (15/04/2019), menjelaskan undangan sudah dikirim kepada peserta Pemilu sejak dua hari lalu.  Edi Sugianto menyesalkan ketidakhadiran ini mengingat LPPDK merupakan hal yang sangat krusial dalam tahapan Pemilu. Karena sesuai Peraturan KPU, 14 hari pasca pemungutan suara harus dilaporkan.  Jika tidak ada laporan, konsekuensinya calon terpilih dari Peserta Pemilu tidak akan dilantik.

“14 hari pasca Pemungutan Suara, LPPDK Ini harus dilaporkan.  Kalau tidak konsekuensinya apabila ada calon terpilih dari peserta Pemilu, maka itu tidak akan dilantik. Nah ini kan sangat penting.  Jadi kalau sampai nanti kurang memahami cara melaporkan LPPDK karena tidak datang di sosialisasi ini, ini kan jadi bisa jadi boomerang bagi Partai Politik,” tegas Edi.

Ditambahkan Edi Sugianto, meskipun demikian, KIP Aceh Singkil tetap akan mengirimkan Surat Pemberitahuan kepada semua Peserta Pemilu untuk mengingatkan kewajiban membuat LPPDK.  Untuk Peserta Pemilu yang belum memahami diberi ruang untuk konsultasi dengan Bagian Hukum KIP Aceh Singkil.

“Setelah ini kami akan kembali lagi mengirimkan surat, mengingatkan kepada Partai Politik.  Soal mereka belum paham, harusnya disini kesempatannya.  Paling nanti datang ke kantor, konsultasi dengan bagian hukum kami.  Tapi waktu kan juga terbagi, tidak sepenuhnya.  Kalau hari ini total waktu mereka dgunakan untuk ini,” kata Edi.

Edi Sugianto menghimbau agar Peserta Pemilu di Aceh Singkil jangan sampai lalai dalam melaporkan LPPDK.  Karena LPPDK merupakan hal yang penting.  Jika tidak dilaksanakan akan dapat menggugurkan calon terpilih pada  Pemilu 2019.

Pantauan RRI, dari 16 Partai Politik di Kabupaten Aceh Singkil, enam Partai Politik yang hadir yaitu: Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Perindo, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Demokrat.  Sedangkan penghubung Capres/Cawapres yang hadir yaitu Penghubung dari Calon Presiden/Wakil Presiden Prabowo Subianto/ Sandiaga Salahuddin Uno.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00