• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Warga Korban Banjir di Kendari Keluhkan Drainase Buruk

15 April
17:34 2019
0 Votes (0)

KBRN,Kendari: Warga korban banjir di kecamatan Wuawua dan Baruga Kendari Kendari, mengeluhkan tidak berfungsinya sejumlah drainase atau saluran air yang menjadi penyebab bencana banjir pada minggu (14/4/2019) malam.

Salah seorang warga di perumahan Transito Kendari Arifin Rahman menuturkan, selama lebih 30 tahun menetap diperumahan itu, baru kali ini banjir masuk di kawasan perumahan setinggi hampir satu meter.

“Selain penyempitan saluran air, hilangnya fungsi hutan sebagai penyangga yang dijadikan kawasan pemukiman, kemungkinan besar menjadi penyebab utama bencana banjir ini,” keluh Arifin Rahman, Senin (15/4/2019).   

Sementara itu, walikota Kendari Sulkarnain Kadir mengakui, menjamurnya pembangunan kawasan perumahan, juga menjadi salah satu penyebab banjir.

“Kondisi ini diperparah dengan menyempitnya sungai-sungai kecil akibat banyaknya bangunan berdiri yang tidak memperhatikan sempadan sungai dan menutup daerah resapan air,” ujar Sulkarnain.
 
Karena itu walikota Kendari berharap, agar bencana banjir tidak terulang lagi, dengan tidak membuang sampah di sungai-sungai kecil serta menertibkan bangunan yang tidak memiliki IMB 

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, banjir setinggi hampir satu meter yang melanda sejumlah kawasan pemukiman di dua kecamatan kota kendari, merendam  dan merusak ratusan rumah warga, dengan kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Pemerintah Kota Kendari, langsung menyalurkan bantuan kepada warga korban banjir, terutama air bersih dan perlengkapan kebutuhan lainya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00