• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Masa Tenang, Bawaslu Depok Tertibkan Ribuan APK

15 April
17:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok : Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Berlini mengatakan, dari segi pengawasan, pihaknya saat ini terus mengadakan patroli selama 3 hari masa tenang mulai 14-16 April 2019 diseluruh Kota Kota.

"Diharapkan tidak ada lagi kampanye di masa tenang dari para paslon capres dan pileg di Kota Depok," ujar Luli kepada RRI di Perpustakaan Balaikota Depok, Senin (15/4/2019).

Kedua, pihaknya juga mengawasi dan melaporkan praktek dan politik uang. Kemudian melawan dan mewaspadai politik sara.

Menertibkan alat peraga kampanye (APK) paslon dan caleg. Serta dilarang mengumumkan hasil survey.

"Itu sesuai dengan UU No 07 tahun 2017 pasal 492 bahwa setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye pemilu diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk setiap peserta pemilu, sebagaimana dimaksud pasal 276 ayat dipidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda Rp12 juta," ujarnya.

Terkait penertiban APK Bawaslu mengalami kendala dengan peralatan untuk menurunkan APK-APK, yang tinggi dan berbayar sehingga membutuhkan keberanian petugas yang tersendiri.

"Kami membutuhkan bantuan Pemkot Depok berupa crane untuk mendapat menjangkau APK yang dipasang di posisi tinggi," katanya.

Sejauh ini pihaknya sudah menertibkan ribuan APK yang terdiri dari poster, baliho dan spanduk. Untuk penertiban APK, pihaknya menurukan sebanyak 5775 PTPS untuk menjangkau gang-gang tertentu.

"Untuk penertiban APK di wilayah kota dan kecamatan pihaknya menurunkan sebanyak 100 orang dari Bawaslu dan Panwas Kecamatan. Dan dari Satpol PP Kota Depok sebanyak 1.500 petugas," kata Luli.

Lebih lanjut terkait pengawasan, Luli mengatakan pihaknya mendapat amanat dari Bawaslu Provinsi Jabar untuk mengenali, mencari, menemukan dan mengatasi serta menetralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

"Tidak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku, terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu, menghambat terhadap kelancaran pemilu serentak 2019 di Kota Depok," tandas Luli.

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00