• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum

3 Orang Tersangka Pemenerima Suap Dalam Kasus Dana Hibah KONI-Kemenpora Segera Disidangkan

15 April
17:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) limpahkan 3 orang tersangka dan barang bukti kasus suap terkait dengan penyaluran bantuan Kemenpora pada KONI TA 2018 ke tahap penuntutan.

"Penyidikan untuk 3 orang tersangka telah selesai. Hari ini dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti ke penuntutan (tahap 2)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah Senin (15/4/2019).

Ketiga orang tersebut adalah :
1. Adhi Purnomo (Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora)
2. Mulyana (Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga)

3. Eko Triyanto (Staf Kementerian Pemuda dan Olahraga)

Febri menyatakan jika sidang direncanakan akan dilakukan di Jakarta "Rencana sidang akan dilakukan di Jakarta" tambah Febri.

Setidaknya dalam kasus ini sudah terdapat sekitar 20 saksi dari berbagai unsur yang diperiksa terkait kasus ini, mulai dari, Irjen Kemenpora, Ketua KONI Pusat, Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) pada Deputi IV Kemenpora,  Asisten Deputi III dan IV, PNS Kemenpora, Staff KONI, Karyawan Swasta l.

Seperti yang dikerahui dalam kasus ini KPK telah menetapkan 5 orang sebagai tersangka. Ke 5 orang tersangka dalam kasus ini yaitu, tersangka diduga sebagai penerima suap Mulyana selaku Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga  , Adhi Purnomo selaku pejabat pembuat komitmen pada Kemenpora, dan Eko Triyanto staff Kemenpora.

Tersangka diduga sebagai pemberi suap yaitu Ending Fuad Hamidy selaku Sekretaris Jenderal KONI dan Jhonny E Awuy selaku Bendahara umum KONI.

KPK menduga sebelumnya terdapat dana hibah dari Kemenpora untuk KONI yang dialokasikan adalah sobesar Rp17,9 milyar.

Di tahap awal, diduga KONI mengajukan proposal kepada Kemenpora untuk mendapatkan dana hibah tersebut. Diduga pengajuan dan penyaluran dana hibah sebagai "akaI-akalan” dan tidak didasari dengan kondisi yang sebenamya.

Sebelum proposal diajukan, diduga telah ada kesepakatan antara pihak Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19.13% dari total dana hibah Rp17,9 Milyar, yaitu sejumlah Rp3,4 milyar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00