• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KIP Banda Aceh Musnahkan Surat Suara Rusak

15 April
16:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Komisi Independen Pemilihan (KIP) atau KPU Kota Banda Aceh memusnahkan surat suara rusak di gudang logistik surat suara di komplek stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Senin (15/4/2019). 

Pemusnahan surat suara ini dilakukan dengan cara di bakar. Pemusnahan surat suara dipimpin langsung oleh Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady yang turut dihadiri oleh Gakkumdu diantaranya Panwaslih Kota Banda Aceh, Kepolisian, perwakilan Pemko Banda Aceh, Jaksa, dan perwakilan dari partai politik. 

Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady mengatakan, pemusnahan surat suara ini sesuai dengan amanat KPU RI. 

"Sesuai dengan amanat KPU Surat Edaran (SE) nomor 667, dimana disebutkan pemusnahan surat suara dilakukan sebelum pencoblosan," kata Indra pada awak media. 

Adapun kategori surat suara yang dimusnahkan adalah surat suara yang rusak dan surat suara sisa. 

"Ada surat suara rusak dan surat suara sisa. Surat suara yang dimusnahkan adalah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPR Aceh dan DPRK Kota Banda Aceh," jelasnya. 

Adapun jumlah surat suara yang rusak sebanyak 649 surat suara, sementara jumlah surat suara sisa sebanyak 2.247 surat suara dengan rincian surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang rusak sebanyak 155 dan sisa 288. 

Surat suara DPD RI yang rusak sebanyak 143 dan sisa 528. Surat suara DPR RI yang rusak 124 dan sisa 652. Surat suara DPR Aceh yang rusak 45 dan sisa 153. 

Sementara surat suara rusak dari DPRK Kota Banda Aceh di dapil 1-5 yang mengalami kerusakan berjumlah 182 dan sisa 626 surat suara. 

"Kalau surat suara sisa dari pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, dan DPR Aceh yang rusak kita musnahkan, sementara yang tersisa kita kembalikan ke KIP Provinsi agar bisa digunakan di wilayah yang kekurangan surat suara," ungkapnya. 

"Sementara untuk surat suara DPRK Kota Banda Aceh baik yang rusak maupun yang sisa semuanya kita musnahkan," tambah Indra. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00