• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

KPU maluku Musnakan Ribuan Surat Suara Rusak

15 April
14:41 2019
0 Votes (0)

KBRN: Ambon-Sebanyak 19.778 lembar surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) serta pemilihan legislatif (Pileg) yang rusak di musnakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Senin 15 April 2019.

Ketua KPU Kota Ambon, M. Shadek Fuad menjelaskan / mengirimkan surat suara yang rusak itu dimusnakan sebelum proses distribusi logistik dan disaksikan komisioner Bawaslu dan petugas kepolisian dari Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease. 

“Hari ini kita musnakan sebanyak 19.778 lembar surat suara Pilpres dan Pileg yang rusak disaksikan komisioner Bawaslu dan aparat kepolisian dari Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease,”ungkap Fuad.

Dikatakan, jumlah surat suara rusak yang dimusnakan tersebut adalah dua persen dari total surat suara yang diterima KPU Kota Ambon dalam Pilpres dan Pilek serentak 2019 ini. Menurutnya, pemusnahan surat suara dilakukan setelah proses sortir oleh petugas yang dilanjutkan dengan pelipatan. 

“Pemusnahan surat suara  pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) serta pemilihan legislatif (Pileg) yang rusak ini kami lakukan agar tidak disalagunakan,” tuturnya.

Fuad mengemukakan, surat suara yang dibatalkan dalam proses pengiriman dan disetujui tiba di Kota Ambon Senin siang.
"Berdasarkan informasi terakhir, surat suara akan tiba siang ini, yang kemudian akan kami siapkan, karena waktu sudah mepet sekali," tandasnya.

Menurutnya, setelah seluruh tahapan rampung akan ditindaklanjuti dengan proses distribusi logistik ke seluruh desa dan kelurahan di Ambon, di mana berdasarkan jadwal proses distribusi ke PPS akan dilakukan pada 15-16 April 2019 oleh staf KPU dengan pengawalan petugas kepolisian.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00