• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dorong Ekspor Produk Pertanian, Pemprov Papua Bakal Beli Kapal

15 April
14:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Pemerintah Provinsi Papua berencana membeli kapal barang pada 2021 mendatang untuk menujang kegiatan ekspor produk pertanian ke sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe saat ditemui awak media usai pertemuan dengan Kepala Balai Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil di Gedung Negara Provinsi Papua, Senin (15/4/2019).

Gubernur mengakui ekspor produk pertanian dari Papua sejauh ini sudah berjalan yakni ekspor beras dari Merauke ke PNG. Hanya saja, lanjut Gubernur, belum berjalan maksimal karena terkendala akses.

"Papua merupakan pintu kawasan masyarakat ekonomi ASEAN. Jadi kami mau kami bisa ekspor kebutuhan pangan masyarakat di wilayah Pasifik," kata Enembe.

Menurut Gubernur, untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan sinergitas antara pihak terkait, di antaranya Balai Karantina Pertanian, Bea Cukai, Perhubungan dan Imigrasi.

"Apalagi instruksi Presiden sudah ada yakni pesawat dari Bandara Sentani sudah bisa langsung ke Port Moresby, Papua Nugini, tetapi sampai hari ini belum ada tindakan dari Kementrian Perhubungan terkait hal ini," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil mengapresiasi upaya Gubernur Papua untuk mendorong akselerasi ekspor produk pertanian dari Papua.

"Kami senang dengan apa yang dikatakan Gubernur bahwa ada area yang bisa didorong komoditas ekspor kita untuk menghidupi atau memberi makan negara yang berada di kawasan Asia Pasifik," katanya.

Ia pun menyatakan cita-cita Presiden yakni menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045. Namun jika upaya akselerasi ekspor dan sinergitas antar pihak ini bisa berjalan, kemungkinan cita-cita tersebut bisa tercapai lebih awal.

"Papua memiliki kualitas yang hebat, markisa, kayu lapis CPO, buah merah, beras dan lainnya. Ini jika dikelola dengan baik tentu apa yang dicita-citakan akan terwujud," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00