• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Wapres JK Sebut Sektor Industri Paling Berkembang Pesat

15 April
13:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri sekaligus meresmikan Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD Tanggerang Selatan. Dalam kegiatan ini juga diluncurkan Indonesia Revolusi Industri 4.0 yang diharapkan menjadi pendorong pembangunan ekonomi dan industri berbasis 4.0.

Menanggapi informasi yang beredar terkait Indonesia mengalami deindustrialisasi, Wapres Jusuf Kalla menyebut Indonesia tidak tengah mengalami deindustrialisasi, namun justru tetap mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan revolusi industri 4.0. Jusuf Kalla menjelaskan sektor industri tetap menjadi sektor tertinggi sejak 2014 hingga 2019 dengan penyumbang 21,30 persen ke keuangan dalam negeri.

"Banyak dikatakan Indonesia mengalami deindustrialisasi, berdasarkan angka angka hal itu tidak benar, industri tetap menjadi sektor yang tertinggi dalam GDP kita, PDB yang pada tahun 2014 sampai 2019 rata rata 21,30, artinya industri tetap sektor tertinggi, industri tetap berkembang, tidak terjadi deindustrialisasi," ungkap Jusuf Kalla di ICE BSD Kota Tanggerang Selatan Provinsi Banten pada Senin (15/4/2019).

JK mengatakan Pemerintah akan tetap mendukung industri berkembang baik multi nasional maupun nasional dengan sistem automition, sehingga dunia industri dapat bersaing dengan negara maju dan berkembang lainnya. Launching revolusi industri 4.0 ini juga mendorong menuju 10 besar ekonomi industri dunia dapat dicapai Indonesia.

"Sekarang data lah yang menentukan kemajuan industri, bagaimana kita mempunya kekuatan dalam big data, sehingga memenangkan persaingan dunia pada sektor industri," kata Jusuf Kalla.

Pemahaman revolusi industri 4.0 didorong serta dilakukan seluas luasnya di Indonesia, sehingga perkembangan industri di Indonesia dapat serentak berjalan. JK menyebut sejumlah pelaku industri di Indonesia masih memiliki teknologi industri 2.0 dan 3.0.

Turut hadir dalam peresmian Industrial Summit 2019 diantaranta pelaku industri 4.0, pelaku industri start up, para investor, serta Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00