• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Pemilu

Masa Kampanye Berkah Bagi Pengusaha Percetakan

15 April
10:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Kemeriahkan pesta demokrasi di Indonesia, pemilu 17 april mendatang mendapatkan berkah tersendiri bagi para pengusaha percetakan yang ada di Jawa Tengah.

Masa kampanye pemilihan umum 2019 yang lama ini membutuhkan banyak alat peraga kampanye atau (APK). Salah satunya terkait dengan produksi atribut kampanye untuk melaksanakan sosialisasi bagi peserta pemilu.

Seperti halnya yang di rasakan salah satu pengusaha penyedia jasa percetakan atribut kampanye, yang mengaku sampai mendapat permintaan barang mencapai puluhan juta.

“ Mulai kebanjiran order paling tinggi, 4 bulan lalu. Kan masa kampanyeynya lama jadi ya ada untungnya bagi kami. Pesanan kami mencapai puluhan juta rupiah dalam kurun waktu yang relatif pendek,” ujar Edo Gama pemilik percetakan Olimacreative semarang saat ditemui di tempatnya, Senin (15/04/2019).

Sudah sejak akhir tahun 2018 lalu, permintaan dari banyak partai politik dia buatkan untuk pelaksanaan kampanye, mulai dari tim sukses pilpres sampai legislative.

Adapun yang dikerjakan oleh Edo seperti kaos kampanye, topi, kalender, hingga atribut kampanye lainya. Untuk mengerjakan pesanan yang membludak ini, Edo dibantu 9 pegawai dan alat percetakan yang modern.

“ Kami di bantu 6 pegawai bagian percetakan, 3 bagian finising, O5 sendiri mampu mengerjakan ribuan atribut kampanye yang sudah di pesan lama. Dengan model alat Manual, full printing hingga Full Digital, usaha ini mampu memenuhi Target hingga 70 persen,” jelasnya.

Disebutkan Edo, jika dibanding dengan hari biasa permintaan dalam masa kampanye ini naik tajam mencapai puluhan juta rupiah. Selain pemesanan yang masuk, untuk calon presiden dan wakil presiden. pihaknya juga banyak pesanan dari para calon anggota dewan.

“ Pesanan bervariasi dari pesanan topi,celemek pedagang, mug gelas,pin gantungan kunci caleg, hingga kaos kampanye. Namun yang paling banyak di pesan saat ini adalah pemesanan kaos kampanye. Sebulan kita bisa menghasilkan ribuan kaos kampanye, ya alhamdulilah,”tambahnya.

Uniknya meski mengalami jumlah permintaan yang banyak namun Ia mengatakan tidak seenaknya lantas menaikan harga, meski ada sedikit kenaikan di bahan bakunya.

“ Meski ada kenaikan bahan kami tidak mengurangi kwalitas seperti pesanan pada umum nya. Karena menurut saya kualitas tersebut harus tetap dijaga meski pesanan mengalami kenaikan signifikan, apalagi di tambah kenaikan bahan baku, seperti cat dan tinta serta bahan baku utama, yakni kain,” imbuhnya.

Hingga kini mendekati hari pemilihan pemilu, O5 sendiri masih menyelesaikan bermacam pesanan yang sudah masuk dan pesanan tambahan, hingga tanggal 15 april 2019. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00