• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

WNI yang Sedang Berlibur dan Tidak Bawa Formulir A5 Tidak Bisa Nyoblos

15 April
06:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Hong Kong : Sejumlah turis asal Indonesia atau mereka yang sedang berlibur ke Hongkong pada hari pemungutan suara Minggu (14/4/2019) terpaksa kehilangan hak suaranya.

Mereka tidak diperkenankan untuk memberikan hak suaranya melalui TPSLN di Hongkong karena tidak membawa formulir A5 atau surat keterangan pindah mencoblos yang dibawa dari Indonesia.

Empat orang turis asal Jakarta, H-1 jelang pencoblosan sempat mendatangi kantor Konsulat RI (KJRI) Hongkong untuk menanyakan mekanisme pemberian suara bagi para turis. Namun petugas PPLN Hongkong menyatakan mereka tidak bisa mencoblos di Hongkong jika tidak membawa formulir A5.

“Ketentuannya memang begitu. Kalau membawa A5 bisa. Tapi kalau hanya bawa paspor belum bisa. Dikhawatirkan mereka bisa mencoblos dua kali kalau tanggal 17 nanti (saat pemungutan suara di Indonesia) mereka sudah kembali ke Indonesia.”ujar Abdul Razak, petugas PPLN Hongkong, Minggu, (14/4/2019).

Ditambahkan Razak, PPLN Hongkong tidak mau mengambil resiko jika tetap mengakomodir para turis yang tidak membawa formulir A5 karena hal tersebut bertentangan dengan UU Pemilu. Karena menurutnya, konsekuensinya jika dilanggar bisa diadakan PSU (Pemilihan Suara Ulang).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00