• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Malaysia Deportasi 80 Pekerja Indonesia Lewat Entikong

12 April
20:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Entikong : Sebanyak 80 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di deportasi dari Malaysia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (12/4/2019) siang.

"Deportasi ini dari Depo Imigresen Bekenu 65 orang dan 15 lagi dari Depo Imigresen Semunja. Dari jumlah itu, sembilan orang adalah anak-anak yang ikut orangtuanya di Malaysia," ungkap Koordinator P4TKI Entikong, Victor Fernando.

Sebagian PMI deportan tersebut langsung mengikuti pembekalan khusus untuk memulihkan psikis mereka. Sebab, sebelum di deportasi mereka sempat ditahan atas dakwaan pelanggaran keimigrasian maupun ketenagakerjaan.

"Setelah di data sebagian langsung dipulangkan ke daerah asalnya melalui koordinasi P4TKI Entikong dan Dinas Sosial Provinsi Kalbar. Tapi yang sebagian lagi kami berikan pembekalan khusus," katanya.

Menurutnya, materi pembekalan yang diberikan antara lain tentang bela negara. Lalu, PMI deportan itu juga diberikan edukasi dan informasi terkait prosedur bekerja di luar negeri yang resmi. Para PMI deportan ini juga informasi tentang penempatan kembali PMI yang ingin bekerja di luar negeri maupun di dalam negeri.

"Bela negara materinya disampaikan oleh Satgas Pamtas dan Polsek Entikong, ada juga materi dari Himpunan Psikolog Indonesia wilayah Kalbar dan BP3TKI Pontianak, serta dari kami (P4TKI Entikong)," ujar Victor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00