• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Cegah Banjir, Stakeholder Diminta Lestarikan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

12 April
18:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil: Untuk mencegah bencana banjir di Kabupaten Aceh Singkil, semua Staholder di Kabupaten Aceh Singkil diminta mendukung perlindungan kawasan Suara Margasatwa (SM) Rawa Singkil.  Hal ini sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan, agar masyarakat terjaga dari bencana alam, khususnya bencana banjir akibat pengrusakan Suaka Margasatwa Rawa Singkil.

National Project Manager/ACTA, Project BCCPGLE KfW, Ir. M. Khairul Rizal, M.Si,  Jumat (12/04/2019) kepada RRI, mengatakan bukan hanya masyarakat dan pemerintah yang harus melestarikan kawasan SM Rawa Singkil, tetapi juga harus melibatkan semua stakeholder.  Untuk Masyarakat diharapkan tidak hanya tertuju menebang kayu, tetapi harus melindungi.  Kawasan Karena masyarakat sangat tergantung pada kawasan ini.

“Perhatian masyarakat jangan hanya menebang kayu. Kayu dijual dan habis.  Kawasan rusak, efeknya sangat besar terhadap desa di sekitar kawasan ,” kata M. Khairul.

Khairul mengatakan Keterlibatan pemerintah juga sangat penting dalam melakukan sosialisasi terus menerus tentang arti penting dari SM Rawa Singkil.  Serta memberikan perhatian dengan mengalokasikan tiga puluh persen dana desa untuk perlindungan lingkungan sekitar kawasan SM Rawa Singkil.

“Pemerintah bukan mengawasi, tetapi memberi sosialisasi terus menerus tentang arti penting kawasan.  Dan perhatian pemerintah juga dalam penggunaan dana desa sebesar 30 persen untuk lingkungan,” papar Khairul.

Sementara untuk komponen di luar Pemerintah dan masyarakat, Khairul juga mengharapkan agar terjalin koordinasi antar lintas sektor.  Seperti Non Goverment Organization (NGO) diharapkan tidak hanya terfokus pada bidang tertentu, tetapi merangkul seluruh stakeholder, mulai dari desa sampai Bupati.

“Di luar pemerintah dan masyarakat juga harus ada koordinasi di lintas sektor, semua stakeholder harus dirangkul,” kata Khairul.

Khairul mengatakan keberadaan Rawa Singkil tidak hanya untuk menjaga kelestarian lingkungan semata, tetapi juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan Wisata bagi daerah.  Karena di lokasi Rawa Singkil memiliki berbagai jenis spesies menarik, yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung.

“Jadi di kawasan Rawa Singkil itu banyak orang hutan, bunga anggrek, dan burung-burung langka, yang memiliki potensi sangat besar untuk pengembangan wisata,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00