• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Youth Town Hall 2019, Siapkan SDM Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0

10 April
19:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Ratusan mahasiswa dari berbagai perbagai perguruan tinggi di Pontianak sangat antusias mengikuti Sosialisasi XL Future Leaders atau yang disebut Youth Town Hall 2019 di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Rabu (10/04/2019).

Youth Town Hall 2019 ini untuk menyiapkan anak-anak muda Indonesia, sekaligus meningkatkan  potensi mereka sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era Revolusi Industri 4.0.

Group Head Corporate Comunication XL Axiata, Tri Wahyuningsih di sela-sela Sosialisasi XL Future Leaders di Untan Pontinak mengatakan,  dalam kegiatan  ini mencoba memperkenalkan program pendidikan khusus yang dibangun oleh XL sejak 8 tahun yang lalu kepada mahasiswa Indonesia.

“Jadi memang sengaja kami datang langsung ke Untan, kita ingin banyak mahasiswa dari luar pulau Jawa  yang lebih banyak lagi ikut terlibat dan ikut terdidik soft skillnya, sehingga pada saat lulus nanti mereka akan dapat terakselerasi  di dunia pekerjaan, karena kita itu ingin masa depan Indonesia nanti ditangan generasi muda Indonesia”, harap Tri Wahyuningsih.

Oleh karenanya melalui Corporate Social Responsibility (CSR) XL Axiata masuk mulai generasi mahasiswa agar mendapatkan ilmu lebih banyak lagi tentang Soft skill untuk melengkapi akademisi yang mereka sudah dapatkan di bangku kuliah.

Mengenai temanya sendiri untuk tahun ini  adalah Internet of Things (IoT), karena trend dunia  saat ini yang sedang menuju revolusi industri 4.0, kita ingin mahasiswa  sekarang itu lebih melek teknologi sehingga seiap untuk  membuat suatu kreatifitas yang terkait dengan teknologi IoT, sehingga bangsa Indonesia dapat lebih maju lagi.

Head of IoT Innovation XL Axiata, Boy Wicaksono  menjelaskan,  sebagaimana diketahui bahwa Internet of Things  adalah salah satu teknologi kunci untuk implementasi revolusi industri keempat (4.0). Mungkin sama-sama kita ketahui tahun lalu juga sudah dicanangkan secara nasional dalam program  kaming Indonesia 4.0.

“Jadi Internet of Things sendiri sebetulnya  adalah suatu sistem dimana  kita bisa menghubungkan segala benda-benda fisik yang tadinya tidak terhubung dengan internet bisa kita hubungkan, dimana keuntungan yang  didapat kita bisa melakukan  optimalisasi dan bisa membantu kita memacahkan berbagai masalah dengan adanya teknologi Internet of Things ini”, ujarnya.

 Boy Wicaksono   mencontohkan bagaimana menggunakan teknoloi IoT  untuk membantu peternak meningkatkan hasil peternakannya  dengan cara memonitor kesehatan sapinya secara terus menerus dan realtime sehingga dapat mengetahui kondisi sapinya seperti apa.

Penerapan IoT ini bisa di berbagai bidang, sangat luas, oleh karenanya XL Axiata berinisiatif untuk mengusung IoT di Future Leaders karena sebagai calaon pemimpin di masa depan mahasiswa harus sudah melek dengan berbagai masalah yang ada didepan mereka dan secara kreatif memecahkan masalah itu, sehingga IoT ini salah satu contoh cara memecahkan masalah”, pungkasnya. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00