• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

BAKTI Kemenkominfo: Pemerintah Serius Bangun Tol Langit di Indonesia

10 April
16:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah sangat serius membangun tol langit. Tentunya dengan adanya jaringan melalui  Broadband Palapa Ring jaringan internet akan menjangkau seluruh Indonesia. 

Hal itu dikatakan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti, Rabu (10/4/2019) dengan tema "Palaparing Menyatukan Kita" di Kemenkominfo.

Dijelaskannya, dalam rangka membangun jaringan internet, kemenkominfo melalui Bhakti Palapa ring telah merencanakan program ini sejak 2005. Dan baru pada 2015 Palapa Ring betul-betul dilaksanakan setelah dimulai dan dilaksanakan. "Pelaksanaan baru dilaksanakan pada era Jokowi-Jusuf Kalla."

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo Anang Latif mentargetkan, Indonesia merdeka sinyal pada tahun 2020. Targetnya, dapat menyelesaikan akses asebilitasi bukan saja 3G tapi 4 G.

"Kami memberikan harapan. Kami menghadirkan palapa ring, dan sinyal yang ngebut. Kami melengkapi daerah-daerah bisnis tidak layak dilakukan operator. Sebab biayanya besar dan pengguna dikit. Pemerintah melakukan tanpa melihat bisnis. Mengapa serat optik? Sebab serat optik merupakan media terbaik dalam jaringan internet," terangnya.

Untuk membangun ini, terang Anang, pemerintah tidak perlu mengeluarkan biaya dan biaya dilakukan swasta. Selain itu, jaringan serat optik hanya ada di kota/kabupaten. 

"Masih ada 150 ribu lokasinya tidak bisa dijangkau multi kabel. Dan itu dijangkau satelit. Puskesmas, pos polisi dan sekolah. Projek satelit dan palapa ring itu jalan tol sinyal langit. Bagaimana sinyal datang dari atas. Inilah yang kami namakan jalan tol langit," tuturnya.

General Manager PT Pasifik Satelit Nusantara (PT PSN) Medianto mengatakan, PSN dari awalnya memang fokus pada satelit. Dan saat ini PT PSN mampu meluncurkan satelit sendiri. Karenanya dibutuhkan satu media untuk mengcover agar menjangkau daerah terpencil.

"Dan dibutuhkan satu media yang bisa memgcover untuk menjakau daerah terpencil. Kami sebagai perusahaan swasta yang berfokus pemerintah untuk bisa mengelar merdeka sinyal. Satelit Broadband pertama di Indonesia. PSN ikut partisipasi satelit. Kita awalnya memulung satelit bekas, sampai kemudian berkat pemerintah dan stageholder kita Februari bisa meluncurkan satelit broadband dengan satelit sebelumnya. Sekarang 15 giga dan dulu 3 giga," ucapnya.

"Jadi mengcover seluruh Indonesia dan kita membantu dan PSN membantu Bhakti di 651 lokasi. Terdiri sekolah, kantor desa, dinas-dinas dan lainnya."

PSN, tambahnya, membantu daerah-daerah yang sinyal lemah yang  dinamakan sinyalku. PSN mencari operator di daerah tersebut yang bisa di percaya.

"Kita sudah 2000 sinyalku di lokasi desa. Memang secara bisnis menunjang ada toko dan lainnya," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00