• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Banjir dan Longsor di TPA Sumur Batu, KAWALI Dorong Pemkot Bekasi Perbaikan Tatakelola

9 April
23:44 2019
1 Votes (3)

KBRN,Jakarta: Banjir dan Longsor yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu milik Pemerintah Kota Bekasi Selasa (9/4/2019). menyebabkan tertimbunnya aliran air Kali Asem oleh sampah yang longsor dan tergulingnya beberapa truk sampah milik Pemprov DKI

Kepala Departement Advokasi dan Kampanye Kawal Lingkungan Indonesia (KAWALI) Zulpriadi mengungkapkan, buruknya tata kelola TPA Sumur Batu Bekasi mengakibatkan pencemaran lingkungan, banjir, longsor dan tertimbunnya aliran Kali Asem merupakan kelalaian Pemkot Bekasi dalam mengelola TPA, hal ini berdampak langsung kepada masyarakat sekitar TPA Sumur Batu.

Zulpriadi menambahkan, Pengelolaan sampah oleh Pemkot Bekasi harus sesuai dengan Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. 

”Dalam hal ini kami mendorong Pemkot Bekasi melakukan pembenahan TPA Sumur Batu Bekasi dengan melakukan Review masterplan pengelolaan sampah TPA Sumur batu dengan dasar 5 aspek yaitu Hukum, Kelembagaan,Pendanaan,Teknologi, Sosial dan budaya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Pemrosesan Akhir SampahBantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta,Rizky Febrianto mengatakan akibat banjir sempat terjadi antrean masuk truk sampah ke TPST Bantargebang. Namun, antrean tersebut saat ini berangsur normal kembali.

”Banjir disebabkan adanya longsor di TPA Sumurbatu milik Pemerintah Kota Bekasi pada tengah malam tadi.dan bagian longsor berupa landfill atau tanah pelapis tumpukan sampah,” katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00