• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Persit KCK 1608/Bima Raih Juara III Lomba Memasak Serba Ikan Dengan Menu Masakan Ikan Tuna Mickey

8 April
13:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Bima : Tiga macam menu yang menjadi andalan dari Tim Persit KCK Cabang XXVII Kodim 1608/Bima yang disajikan pada saat lomba masakan serba ikan yang berlangsung di Pantai Lawata, yakni Cendol Persit Ayu, Tuna Mickey Mouse dan masakan ikan kakap, hingga membawa nama Persit Bima meraih Juara III.

Ketua Persit KCK Cabang XXVII Kodim Bima,  Nyonya,  Betty Bambang, Senin (8/4/2019) mengatakan, anggotannya sengaja memilih ketiga menu masakan ini, karena ketiga jenis masakan  ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Kota Bima, seperti cendol, masakan ikan tuna dan kakap, hanya namanya kami modernkan.

Tidak hanya masakan menu Tuna Mickey Mouse, tetapi masakan ikan kakap  juga menjadi perhatian para pengunjung.

Masakan ikan Kakap ini diberi nama “Kakap 1608 Syantik” dipadukan dengan masakan khas daerah Palumara.

“Namun jika dirasakan resepnya sedikit berbeda dengan ikan Palumara yang biasa disajikan oleh masyarakat Bima,” kata salah seorang pengunjung.

Nyonya Betty Bambang menyatakan bahwa resepnya bisa saja.

“Mungkin bahan ikannya apa saja ya.., tapi kami dalam lomba ini memilih ikan kakap yang diberi nama Kakap 1608 Syantik,” ucapnya.

Bahan-bahannya tentu saja ikan kakap atau bisa juga ikan bandeng, kembung, cakalan dan sejenisnya yang terasa enak di olah, kemudian dimasak dengan bumbu bawang merah, cabe rawit, tomat dipotong-potong, asam jawa bisa diganti blimbing, kunyit,  bawang merah  kemangi serta air putih 600 ml dan minyak untuk menumis.

“Bahan bumbu itu masing-masing diatur secukupnya, misalnya bawang merah dan bawang putih masing-masing  2 siung diiris tipis lalu dimasak dan siap untuk disantap,” beber Nyonya Betty

Ketua Persit KCK Cabang XXVII Ny Betty Bambang mengakui, anggota ibu-ibu yang menjadi perwakilan Persit ini, memang rata-rata hobi memasak, sehingga tak heran bisa diperhitungkan dan meraih  pantas meraih juara III dalam lomba memasak serba ikan yang berlangsung di Pantai Lawata, Kota Bima, yang berlangsung pada Minggu (7/4/2019).  

“Saya  sudah berpesan khusus kepada mereka  agar jangan menggunakan bahan penyedap buatan dalam lomba ini, gunakan bahan-bahan bumbu alami,” harapnya.

Ternyata ini menjadi salah satu kunci keberhasilan karena dari penilaian juri memang menjadi salah satu kriteria dari sisi gizi untuk penggunaan bahan alami.

Pada saat penilaian, tidak ketinggalan  Walikota,  Wakil Walikota Bima, turut mencicipi masakan dari Tim Persit. Pujian terlontar dari beliau-beliau yang mencicipi hasil karya meja no 17 dari Persit KCK Cabang XXVII ini.

Saat pengumuman pemenang, Alhamdulillah walaupun ini penampilan perdana  yang diikuti oleh lebih dari 30 tim peserta, namun mereka berhasil meraih juara ketiga.

Lebih spesial lagi karena saat pemberian hadiah, diserahkan langsung oleh Dandim 1608/Bima Letkol (Inf)  Bambang Kurnia Eka Putra dengan didampingi oleh Ibu Ketua Persit KCK Cabang XXVII Dim 1608/Bima.

“Saya  bangga atas prestasi   yang diraih  perwakilan Persit KCK  Cabang XXVII, sehingga saya  berharap agar semangat serta kreativitas ini  dapat terus dikembangkan,” pungkas Dandim Bima Letkol (Inf) Bambang Kurnia Eka Putra.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00