• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Telur Buaya Menetas di Perkebunan Warga Nagari Tiku Agam

5 April
22:17 2019
2 Votes (5)

KBRN, Agam : Telur Buaya muara (Crocodylus Porosus) yang mengeram di kawasan perkebunan warga, tepatnya di Jorong Ujuang Labung Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam telah menetas.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Ade Putra, Jum’at (5/4/2019), mengatakan, telur menetas setelah 90 hari dieram induk buaya, dan saat ini dalam perlindungan induknya.

“Menetasnya pada hari Senin lalu, dan dari pantauan kami dilapangan, keseluruhan telur buaya telah menetas dengan ukuran berkisar 20 cm,” ujarnya.

Menurut Ade Putra, pihak BKSDA Resort Agam belum dapat memastikan berapa jumlah bayi buaya tersebut, karena sang induk mengawal pergerakan bayinya dengan sangat agresif, dan petugas juga tidak ingin menggangu kenyamanan buaya itu bersama anak-anaknya.

Namun apabila dihitung secara visual atau menggunakan teropong, yang terpantau baru 20 hingga 30 ekor.

“Untuk memastikan bayi satwa dilindungi tersebut kembali ke rawa habitatnya semula yang berjarak 300 meter dari lokasi sarang, kami akan melakukan pemantauan secara ketat dan intensif untuk beberapa hari kedepan,” sebutnya.

Pada hari ketiga sejak menetas sambung Ade Putra, induk buaya sudah mulai membuat jalan selebar 1 meter menuju muara atau rawa tempat habitatnya semula yang berjarak kurang lebih 300 meter itu.

“BKSDA Resort Agam, hingga saat ini terus melakukan pemantauan untuk memastikan induk buaya dan anak-anaknya dapat selamat kembali ke habitat aslinya,” tukas Ade Putra.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00