• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Jumlah RTH Minim, Pemkot Malang Bakal Bangun 2 Taman Baru

5 April
12:11 2019
3 Votes (5)

KBRN, Malang: Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Malang terus berkurang seiring dengan semakin banyaknya bangunan mulai kawasan permukiman hingga pertokoan. Untuk itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang berencana untuk membangun dua RTH baru melalui taman.

Plt. Kepala Disperkim Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi mengatakan, tambahan RTH tersebut akan dibangun di Kelurahan Polowijen dan Kelurahan Lowokwaru. "Nantinya, pembangunan taman ini menggunakan pagu anggaran masing-masing sekitar Rp 1 Miliar. yang diambil dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah," ujar Diah, Jumat (5/4/2019).

Menurutnya, saat ini pembangunan dua RTH tersebut masih memasuki tahapan tender. Untuk di taman Bungur Lowokwaru, akan dilakukan penataan dan juga penambahan beberapa tanaman. "Hal itu dilakukan supaya taman terlihat lebih asri dan nyaman. kami akan memelihara tanaman yang sudah ada semaksimal mungkin, juga akan ditambahkan tanaman hias dan lainnya," katanya.

Diah menambahkan, pembuatan RTH itu sudah dikonsep sedemikian rupa dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas. "Di taman  Bungur nantinya akan dilengkapi jogging track, gym dan juga ditanami tanaman perdu," tukas Diah.

"Sementara di hutan Polowijen nanti lebih ditata kembali sehingga lebih terkonsep. Kami juga berharap masyarakat bisa menjaga situasi taman supaya tidak mudah gersang dan tetap asri," imbuhnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00