• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Dihadapan Peserta Open Parliament, Fadli Zon Beberkan Demokrasi dan Digitalisasi Kinerja DPR

4 April
17:08 2019
2 Votes (5)

KBRN, Bali: Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Fadli Zon memberikan pidato kunci sekaligus membuka “Asia Regional Meeting on Open Parliament” di Nusa Dua, Bali, Kamis (4/4/2019).

Dalam pidatonya itu, Fadli  mengungkapkan DPR telah secara resmi bergabung dengan gerakan global menuju rezim keterbukaan. “Open Parliament” sendiri menandai babak baru dari praktik berdemokrasi di negeri Indonesia.

“Sesudah melalui berbagai fase berdemokrasi, mulai dari demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, dan kini kembali menjadi demokratis terbuka, Indonesia terus mencari bentuk pelembagaan demokrasi yang cocok untuk membangun kultur berdemokrasi yang lebih kuat dan terkonsolidasi,” terangnya.

Dia menilai, setiap perjalanan demokrasi memang memiliki caranya sendiri. Tak ada satupun ukuran yang cocok untuk semua.

“Demokrasi harus dibangun di atas kearifan lokal kita masing-masing dan disesuaikan agar sesuai dengan konteks sosial, budaya dan politik nasional kita yang berbeda-beda,” tambahnya.

Masih dalam pidatonya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan, DPR memandang komitmen Parlemen Terbuka juga mesti menyesuaikan dengan gaya hidup digital warga negara.

Hal itu didasarkan pada bukti bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengguna media sosial paling aktif di dunia. Saat ini ada lebih dari 88 juta pengguna media sosial di Indonesia.

“Komitmen keterbukaan parlemen menurut kami memang harus tersedia secara digital, serta mudah diakses oleh media sosial,”

“Di era digital seperti sekarang, cara untuk mengakomodasi aspirasi konstituen memang tidak hanya bersifat konvensional melalui tatap muka, melainkan bisa juga dilakukan melalui media sosial,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00