• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Rakernas Astindo, Ikhtiar Pariwisata dan Lombok Bangkit

3 April
14:33 2019
3 Votes (5)

KBRN, Mataram : Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) secara umum dan Lombok khususnya pasca gempa bumi hingga saat ini belum begitu pulih atau normal seperti biasa.

Wisatawan domestik dan mancanegara yang berwisata ke daerah ini belum menunjukkan progres peninggkatan yang sangat signifikan.

Berangkat dari persoalan tersebut, para pelaku wisata yang tergabung dalam Astindo provinsi NTB memiliki keterpanggilan untuk menggairahkan serta membangkitkan kembali minat wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang tersebat di pulau Lombok dan pulau Sumbawa.

Wakil Ketua Astinda Provinsi NTB Sahlan mengatakan, rapat kerja nasional (rakernas) Astindo kelima yang sedianya akan digelar di Provinsi Bangka Belitung di geser kegiataannya di Lombok NTB.

“Rakernas Astindo ini tidak lain dan tidak bukan demi Lombok Bangkit. Dan kenapa harus di Lombok. Kita ketahui bersama bahwa pariwisatanya terus menurun sehingga DPD Astindo NTB berinisiatif memindahkan rakernas ini yang tadinya di belitung untuk menggairahkan kembali pariwisata yang akan dihadiri tidak kurang dari 200 travel agen se Indonesia,” katanya kepada wartawan, Rabu (03/04/2019).

Dampak dari rakernas ini lanjutnya, para peserta nantinya akan menyampaikan kepada mitra maupun tamunya bahwa kondisi Lombok sudah sangat aman dan nyaman untuk di kunjungi.

Beberapa kegiatan yang akan digelar selain rakernas, para peserta akan di ajak tour dan table top. Tour sendiri akan dilakukan ke Gili Sudak Sekotong Lombok Barat.

“Potensi gili sudak akan kita gali dan akan kita kembangkan sehingga gili sudak ini akan menjadi alternatif setelah tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Potensi alam, laut maupun lainnya yang ada di gili sudak sangat menawan sehingga tournya akan kita gelar ke gili sudak,” ujarnya.

Selain melihat gili sudak, para peserta juga akan di ajak melihat sirkuti motoGP di Kawasan Ekonmi Khusus (KEK) Mandalika Resort Lombok Tengah.

Isu yang akan di kembangkan dalam rakornas astindo yang akan digelar selama tiga hari mulai tanggal 7 hingga 9 April 2019 di kawasan wisata senggigi Lombok Barat adalah, Lombok sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi terlebih dari ancaman bencana.

Sementara itu Panitia Rakernas Astindo Abdul Haris menambahkan, tema yang akan diusung dalam rakernas astindo yakni “Digilog Meningkatkan Kapasitas SDM Pariwisata”.

Era digitalisasi ini menjadi fokus yang harus di manfaatkan para pelaku wisata sehingga transformasi digitalisasi ini adalah sebuah keharusan yang diutamakan.

“Digitalisasi itu sudah mulai di kembangkan sebab semua hal dapat di akses secara online. Dan persiapan SDM harus kita mulai dari sekarang,” imbuhnya.

Cukup banyak manfaat yang akan di peroleh dengan dipusatkannya rakernas astindo di Lombok. Salah satunya adalah, mempromosikan bahwa Lombok sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Pasalnya 200 travel agen dari seluruh Indonesia yang menjadi peserta dapat menyampaikan ke masyarakat luas jika Lombok khususnya dan NTB pada umumnya sangat aman untuk berwisata.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00