• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Buka Underwater Festival, Menteri Susi Kagum Semangat Perubahan Nelayan Banyuwangi

2 April
18:04 2019
3 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Underwater Festival 2019 yang diselenggarakan dipantai Bangsring Banyuwangi, Selasa (2/4/2019), yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berlangsung meriah.

Festival tahunan yang merupakan ide dari nelayan Bangsring tersebut, tiap tahunnya selama konsen dengan tema konservasi, dan untuk tahun ini mereka mengusung tema pemulihan terumbung karang dan sampah plastik.

Menteri Susi sangat mengapresisi kelompok Bangsring yang tergabung dalam nelayan Samudera Bhakti, yang berhasil mengubah mindset nelayan di kawasan sini, sari semula pengebom ikan, kini justru mereka menjaga laut, seperti menanam terumbu karang, dan terus konsisten dalam menjaga biota laut disekitaran mereka.

"Perubahan mindset yang dilakukan mereka ini sangat baik, dan mereka bisa membuktikan bahwa, dengan menjaga laut mereka akan mendapatkan hasilnya, dengan menghidupkan wisata bahari, tana harus mengambil ikannya," kata Susi.

Susi berharap, apa yang dilakukan Banyuwangi ini ditiru oleh nelayan lain di Indonesia, dengan mengembangkan wisata konservasi bahari, perekonomian daerah bisa tumbuh tanpa harus merusak ekosistem laut.

"Dengan cara ini, kita dapat uang tanpa harus mengambil dan merusak apapun dari laut, dan itu seharusnya dilakukan setiap daerah, memupuk ekonomi semacam ini, dapat uang, tapi laut terjaga," imbuh Susi.

Sementara itu Ketua Kelompok nelayan Samudra Bakti, Ikhwan Arief mengatakan, Underwater Festival selalu mengangkat isu lingkungan, dan tahun ini kita mengangkat isu sampah plastik yang dampaknya cukup merusak, jadi sebelum acara puncak dimulai, seluruh nelayan melakuan pembersihan sampah plastik yang nyangkut di karang.

"Kenapa sampah plastik, karena dampaknya sangat luar biasa, sehingga sebelum acara puncak, nelayan melakukan pengambilan sampah plastik di laut, kemudian kita olah, ada yang menjadi kerajinan dan ada yang jadi BBM," ungkap Ikhwan Arief.

Banyuwangi Underwater festival merupakan rangkaian event yang ada dalam agenda wisata Banyuwangi Festival. Berbagai acara digelar dalam festival bawah laut tersebut, mulai pelatihan mengolah sampah, memungut sampah di pantai oleh 1.000 nelayan, dan lomba mengolah barang bekas menjadi barang seni dan bermanfaat. Dalam acara itu, Susi juga mereamikan Bank Sampah yang ada Pantai Bangaring. (Foto Antara - Budi Candra )

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00