• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Seribu Karang Siap Ditenggelamkan Dalam Banyuwangi Underwater Festival 2019

1 April
20:07 2019
3 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Sebanyak 1000 karang siap ditanam, dikawasan Selat Bali dalam Underwater Festival 2019, yang diselenggrakan pantai wisata Bangsring Underwater, Banyuwangi

Berdasarkan pantauan RRI, saat ini nelayan Bangsring, sangat antusias menyiapkan ratusan rak (wadah) yang dirangkai sedemikian rupa, untuk tempat transpalantasi karang, karena Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akan membuka festival bawah laut tersebut.
 
Ketua Kelompok Nelayan Samudra Bakti, Ikhwan Arief, (1/4/2019) mengatakan, dalam underwater festival ada serangkaian acara yaang diselenggrakan, mulai dari penanaman 1000 karang untuk memperbaiki ekosistem laut, pemebrsihan sampah plastik didalam laut, serta marine education yang diikuti pelajar.

"Underwater Festival merupakan acara rutin tahunan yang kita gelar, untuk tahun ini kita fokus dengan isu lingkungan, sehingga kita laksanakan bersih - bersih sampah plastik didalam luat, kemudian kita lakukan penenggelaman 1000 karang diselat Bali," ungkap Ikhwan Arief.
      
Sementara itu Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, pada Pemkab Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo mengatakan, pada Underwater Festival, Menteri Susi dijadwalkan akan membuka acara tersebut, dan Menteri Periakanan Susi akan mengikuti serangkaian acara festival.

“Besok Bu Susi akan membuka dan langsung mengikuti sejumlah acara, mulai dari marine education yang diikuti pelajar yang kebanyakan anak nelayan, hingga menenggelamkan terumbu karang,” kata Suyanto Waspo.

Saat marine education, lanjut Suyanto Waspo, Bu Susi akan memotivasi siswa-siswa sekolah tentang pentingnya menjaga ekosistem laut, dan Bu Susi juga akan turut mengobati ikan hiu yang luka dan melepas hiu yang sembuh yang berada di Rumah Apung Bangsring Underwater.

“Rencananya, beliau juga akan main kano, sekaligus ikut menenggelamkan karang yang sudah ditransplatasi oleh nelayan dan masyarakat yang hadir,” Imbuh Suyanto.

Kawasan wisata Bangsring Underwater adalah kawasan konservasi laut, Kelompok nelayan di sini berhasil memperbaiki ekosistem laut dengan mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan para nelayan menjadi ramah lingkungan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00