• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Peringati Hari Air Dunia, Ridwan Kamil ingatkan Pentingnya Menjaga Kelestarian Air

30 March
00:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kuningan : Hari Air Dunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret yang ditetapkan PBB di Rio de Janiero Brazil pada tahun 1992 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan kemanfaatan air sebagai penopang utama kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa BaratbRidwan Kamil dalam acara Peringatan Hari Air Dunia ke 27 tahun 2019 tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan, Jum'at (29/3/2019) di Obyek Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan.

Menurut Gubernur Ridwan Kamil, sesuai dengan tema Hari Air Dunia tahun ini yakni "Leaving No One Behind" atau bisa diartikan semua harus mendapatkan akses air, tentunya menjadi tugas Pemerintah untuk menjamin agar semua masyarakat utamanya di Jawa Barat bisa memperoleh akses air tanpa terkecuali.

"Akses kebutuhan air bagi masyarakat khususnya Jawa Barat harus harus bisa terpenuhi, sehingga jangan sampai ada masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan akses air dalam kehidupannya, ini menjadi tugas berat saya sebagai Gubernur untuk memastikan hal itu tidak terjadi," ucap Ridwan Kamil kepada RRI.

Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Linda Al Amin menuturkan, dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke 27 digelar berbagai kegiatan diantaranya Kampanye Peduli Air dan Bersih-Bersih Sungai dan Saluran Irigasi di seluruh UPTD PSDA Wilayah Sungai di Jawa Barat.

Ia menegaskan, melalui peringatan Hari Dunia diharapkan bisa lebih menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian air.

"Peringatan Hari Air jangan hanya sekedar ceremony saja tapi harus ada tindakan nyata untuk bersama-sama menjaga kelestarian air agar tetap terjaga, karena air sangat penting untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya," tutur Linda Al Amin.

Peringatan Hari Air Dunia ke 27 tahun 2019 tingkat Jawa Barat di Waduk Darma Kabupaten Kuningan, diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara Adat Kawin Cai yang merupakan salah satu tradisi masyarakat di Kabupaten Kuningan, penebaran 1 juta benih ikan di waduk darma, serta permainan rakyat yang menggunakan media air.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00